3 Hal Terpenting Yang Harus Anda Ketahui Untuk Membuat Jingle Iklan

3 Hal Terpenting Yang Harus Anda Ketahui Untuk Membuat Jingle Iklan

Apakah anda sudah membuat jingle produk untuk iklan di berbagai media online? Atau mungkin sebelumnya anda pernah mengikuti ajang kompetisi membuat jingle untuk iklan? Atau anda sama sekali belum mengerti tentang cara  dan bagaimana Membuat Jingle Iklan?

Faktanya, beberapa musisi Indonesia masih banyak yang tidak mengerti untuk mengembangkan skill cara untuk Membuat Jingle Iklan seperti apa. Sebagian besar, beberapa musisi di Indonesia masih terpaku ingin menjadi terkenal dan kaya raya yang akan menjadi artis nantinya.

Sementara untuk musisi pembuat jingle di Indonesia masih sedikit. Hal ini menerangkan bahwa ada peluang dan kesempatan lebar untuk membangun penghasilan dari pembuat jingle iklan.

Kalau perjalanan anda ingin menjadi artis, itu sangat jauh untuk diharapkan. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba siapa sangka anda bisa menjadi terkenal.

Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat jingle? Berikut ini ada penjelasan tentang 3 bagian paling dasar dari pembuatan jingle sebuah iklan.

3 Bagian Terpenting Untuk Membuat Jingle Iklan

  • Dialog

Beberapa besar iklan mempunyai dialog. Dialog merupakan percapakan yang terjadi di antara tokoh-tokoh yang ditampilkan iklan tersebut.

Misalnya iklan Bodrex Extra. Dialog yang terjadi merupakan monolog yang dinyatakan sang pembawa kabar, serta dialog dengan tokoh pengusaha.

Saat pembuatan jingle iklan, ada 2 kemungkinan bagi anda:

  1. Anda mendapatkan projek dimana telah ada dialognya anda tinggal menambah musik
  2. Pihak agensi iklan minta anda juga membuat rekaman  dialog semua para tokohnya

Tentunya, tidak seluruh iklan mempunyai dialog. Ada iklan-iklan yang memasarkan produknya dengan hanya menimbulkan gambar-gambar untuk menggugah emosional konsumennya. Tapi, beberapa besar iklan mengandung dialog, terutamanya iklan-iklan Indonesia.

Mengapa hal ini sangat penting?

Sebab dari agensi iklan minta anda untuk merekam dialognya, berarti anda akan memerlukan voice over talent. Tentunya menyewa voice over talent dan cara kerja rekamannya memerlukan tarif yang sangat ekstra dari sisi keuangan anda. anda seharusnya memasukkan elemen ini saat memastikan penawaran harga pembuatan jingle.

  • Musik

Disinilah beberapa besar letak profesi anda sebagai pembuatan untuk jingle iklan. Musik yang dimainkan disini ada 2 jenis, dan masing-masing punya keperluan spesialnya tersendiri.

Dalam iklan, anda akan di pringatkan untuk membuat salah satu dari 2 jenis musik ialah soundtrack atau scoring.

  1. SOUNDTRACK istilah di dalam dunia musik yang digunakan untuk menunjuk sebuah alunan nada musik yang menjadi pengiring film, acara layar kaca, atau yang lain sebagainya.
  2. SCORING merupakan musik orisinal yang ditulis khusus untuk mengiringi sebuah film. Nilai komponen dari jalanan bunyi film, yang juga meliputi dialog dan efek bunyi, dan terdiri dari potongan sejumlah orkestra, instrumental, dan paduan bunyi yang disebut pedoman musik, yang diawali dari permulaan sampai akhir film pada skor-skor tertentu untuk meningkatkan narasi yang dramatis dan menimbulkan pengaruh emosi dari adegan yang bersangkutan.

Anda sepatutnya menerima kejelasan dari agensi iklan, apakah musiknya berupa jingle soundtrack atau scoring. Sebab apabila anda butuh singer talent, yang berarti ada tarif ekstra untuk menyewanya. Sekiranya scoring, ada kemungkinan gambarnya berubah sesudah anda membuat musiknya, jadi anda sepatutnya siapkan tarif untuk revisi musik.

  • Sound effect

Unsur ke-3 yang paling penting dalam pembuatan musik merupakan efek bunyi atau sound effect. Sound effect ini memiliki 2 jenisnya :

  1. Sound effect berbentuk foley, yaitu bunyi-bunyi yang normal seperti bunyi ketukan di pintu, kendaraan beroda empat menyala, hujan, buah hati kecil ngakak, dan sebagainya. berapi, gempa bumi. Secara biasa, terdapat dua klasifikasi bunyi dalam film yakni bunyi diegetic dan non-diegetic.
  2. Sound effect berbentuk special effect, yaitu suara-suara tidak normal seperti ledakan gunung berapi, gempa bumi, suara pelangi muncrat dari wafer raksasa, dan sebagainya. Seringkali pihak agensi akan meminta anda membuat suara-suara yang bombastis untuk mendramatisir visual iklannya.

Kesimpulan

Itulah hal terpenting yang bisa anda ketahui jika ingin membuat jingle iklan yang berkualitas. Jika anda mempunyai masalah untuk pembuatan jingle iklan, maka konsultasikan lah kepada kami ahlinya sekarang juga.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *