Apa Itu HTML, Sejarah, Dan Cara Kerja HTML

Apa Itu HTML, Sejarah, Dan Cara Kerja HTML

Dengan semakin marak nya para programmer di Indonesia ini, dan berbicara tentang Apa Itu HTML jika Anda ingin mahir dalam bahasa markup satu ini maka Anda harus mengetahui seluk-beluknya.

Apa Itu HTML adalah merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language.Dan HTML juga memungkinkan Anda membuat sebuah paragraf, heading, blockquote untuk halaman web dan aplikasi Anda. HTML bukanlah sebuah bahasa pemprograman, artinya HTML ini tidak memiliki fungsional yang dinamis. Lalu sebagai gantinya juga HTML memungkinkan Anda untuk mengorganisir serta menformat sebuah dokumen, sama halnya dengan Microsoft Word.

Maka bisa disimpulkan bahwa HTML ini dapat mudah di gunakan bahkan untuk seorang yang pemula sekali pun.

Apa Itu HTML

HTML adalah merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language.Dan HTML juga memungkinkan Anda membuat sebuah paragraf, heading, blockquote untuk halaman web dan aplikasi Anda. HTML bukanlah sebuah bahasa pemprograman, artinya HTML ini tidak memiliki fungsional yang dinamis. Lalu sebagai gantinya juga HTML memungkinkan Anda untuk mengorganisir serta menformat sebuah dokumen, sama halnya dengan Microsoft Word.

Sejarah HTML

Sebelum HTML hadir, ada seseorang ahli fisika yang bekerja di lembaga penelitian CERN tepatnya berlokasi di Swiss, Yaitu Tim Berners-Lee. Yang memiliki ide untuk membuat sebuh hypertext berbasis internet.

Tim merilis HTML pertama pada tahun 1991, dan juga di dalam nya terdapat 18 HTML tag pada saat itu. Dan setiap kali HTML merilis versi teranyarnya, selalu ada tag dan attribut yang terbaru.

Untuk saat ini, berdasarkan dengan HTML Element Reference yang dimiliki oleh Mozila Developer Network. Ada 140 HTML tag meskipun ada beberapa yang sudah usang dan tidak bisa support oleh versi browser.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Dan juga berkat kepopulernya HTML, saat ini HTML merupakan web standar yang resmi World Wide Web Consortiumm (W3C). Upgrade HTML yang besar-besaran juga terjadi pada tahun 2014, lalu hasilnya adalah pengenalan HTML 5 dan terdapat sinematic terbaru yaitu tag <artcile>, <header>, dan <footer>.

Cara Kerja HTML

Dokument HTML ini adalah file dengan ekstensi dot.html atau bisa juga dengan dot.htm. Serta ekstensi ini bisa dilihat dengan browser apapun, sehingga browser tersebut membaca file HTML dan merender kontennya sehingga semua user internet bisa melihat dan membacanya.

Dan sebagian besar tag HTML memiliki bagian pembuka dan penutup yang menggunakan syntax <tag></tag>. Berikut ini adalah contohnya.

<div>

<h1>HTML Pertama KU</h1>

<p>paragraf pertama ku</p>

</div>

  • Pada tag pertama <div></div> merupakan sebuah division sederhana yang bisa Anda gunakan untuk markup bagian kontent Anda
  • Pada tag kedua merupakan <h1></h1> merupakan susunan HTML yang terdiri dari heading, serta dibawahnya terdapat tag paragraf <p></p>.

Kesimpulan

Berdasarkan cara kerja HTML, Anda bisa membuat struktur web dan aplikasi Anda dengan mudah. Dan HTML juga merupakan hal yang sangat mudah dipelajari oleh siapapun itu.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *