Penjelasan Sederhana Mengenai Apa Itu Website

Penjelasan Sederhana Mengenai Apa Itu Website

Mendengar istilah Apa Itu Website tentu saja itu bukan merupakan hal yang asing lagi di Era Digital seperti sekarang ini. Terkadang ada dari beberapa orang yang masih bingung bagaimana website itu, apa fungsinya dan kegunaannya.

Apa Itu Website? Kita Lihat Yuk Penjelasanya Di Bawah

Apa Itu Website? Website merupakan salah satu dokumen yang di format dalam bentuk HTML atau Hypertext Markup Language yang memiliki untuk menampilkan Teks, Grafis, Audio, dan Video.

Keseluruhan file website ini disimpan dalam perangkat yang di sebut dengan server, yang dimana server tersebut terhubung dengan internet yang menggunakan alamat IP.

Alamat IP atau Internet Protocol merupakan suatu set angka yang berfungsi sebagai alamat dari suatu perangkat atau jaringan dalam internet.

IP sendiri memiliki nama alternative yang biasa disebut dengan Domain. Domain itu bisa dicontohkan seperti, Youtube.com, bieproduction.com, kompas.com, shopee.co.id dan yang lain sebagainya.

Disetiap alamat domain biasanya sudah terhubung dangan alamat IP, jadi pada suatu saat kita akan mengakses suat website menggunakan alamat domain, itu sebenarnya kita sudah menggunakan alamat IP yang disamarkan menjadi domain.

Alamat IP ternyata memiliki 2 jenis yaitu IP public dan IP private. Contoh pada alamat IP private yaitu IP yang terdaftar pada perangkat Hostpost / Router. Jenis IP ini hanya bisa diakses pada jaringan lokal saja. Sedangkan IP public merupakan IP yang terdaftar secara global yang dimana masing-masing perangkat memiliki alamat yang sangat unik dan tidak memiliki nama yang sama,  dan ini biasanya sudah terkoneksi di jaringan internet.

Anggaplah suatu website itu suatu folder yang ada di computer kamu, dan folder tersebut dapat diakses selama orang lain mengetahui alamat folder tersebut.

Biasanya computer menggunakan windows explorer untuk mengakses folder yang ada di computer. Kalau ingin mengakses website biasanya menggunakan Sofware yang disebut web browse. Web browser itu contohnya sperti Crome, firefox, internet explore, atau safari.

Lalu Bagaimana Caranya Membuat Website

Apa bila kamu ingin membuat website, kamu perlu mempelajari salah satu bahasa pemograman apa itu? yaitu HTML, CMS alias Content Manegemnt System seperti WordPress, Joomla, Drupal dan lain sebagainya yang akan sangat berguna untuk membuat website.

Untuk tingkatan yang lebih waw lagi kamu perlu mempelajari bahasa pemograman lainnya seperti Php, Javascript dan juga untuk pemogramam database seperti MySQL, PostgreSQL dan lain sebagainya.

Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Membuat Website

  • Domain Name

Domain name atau nama domain yaitu nama suatu situs. Nama inilah yang akan dipakai ketika orang-orang akan mengakses suatu situs di internet. Tentukanlah nama domain yang pantas dengan situs website kamu. Untuk nama domain sebaiknya yang mudah diingat oleh orang.

  • Hosting

Hosting merupakan wadah kita untuk menaruh file, gambar, video, dan data situs kita yang nantinya dapat diakses melewati dunia online.

Hosting dapat kita sewa secara bulanan atau tahunan. Tarif sewa hosting tergantung dari kafasitasnya, semakin besar kafasitasnya, maka semakin banyak file yang dapat tersimpan dan biayanya juga sangat tinggi. Untuk situs usaha kecil dan menengah, kafasitas hosting 200 MB dirasa sudah cukup.

  • Web Development

Sesudah kamu mempunyai domain dan hosting, 1 hal utama yang perlu kamu miliki yaitu aplikasi web development.  Apa itu web development? Web developmet adalah seorang programmer yang terlibat dalam pengembangan aplikasi World Wide Web menggunakan client–server model.

Web development inilah yang akan memastikan bagaimana situs website kamu tampil. Bagaimana design, komposisi warna untuk website, tata letak menu navigasi, ukuran teks atau font, sebuah gambar, dan video yang akan diatur disini.

  • Pengelola Website

Jikalau halaman website telah jadi dan telah dapat diakses, pengelola halaman website atau ADMIN betul-betul sangat dibutuhkan. kamu dapat menjadi admin, atau kamu mempekerjakan orang lain untuk menjadi admin untuk mengelola website yang sudah dibuat.

Adminlah yang nantinya akan mengisi konten halaman website, update halaman, mendapatkan kontak dari pengunjung, dan lain-lain.

Kesimpulan

Nah itulah penjelasan singkat mengenai pembuatan website. jika kamu ingin memiliki website secara pribadi atau secara perusahaan. Kamu bisa kunjungi Jasa Pembuatan Website yang bisa kamu gunakan, yang akan menjadi salah satu layanan untuk membantu semua permasalah pribadi maupun pekerjaan kamu.

Semoga konten ini bermanfaat buat kamu yang tidak mengerti menjadi mengerti tentang website dan apa saja yang harus dipelajari untuk membuat website.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *