Ingin Foto Produk Yang Berkualitas Perhatikan Sebagai Berikut

Ingin Foto Produk Yang Berkualitas? Perhatikan ini

Foto produk yang berkualitas adalah salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan saat berjualan di Media Internet. Bagi kamu yang menjalankan bisnis online shop atau toko online, kamu perlu mempelajari beberapa fotografi produk untuk menghasilkan foto produk yang dapat membuat orang tertarik melihatnya.

Jangan anggap remeh foto produk yang berkualitas. Jangan asal menjepret, lalu mengunggahnya di website toko online dan akun media sosial lainya. tapi perhatikan baik-baik cara memotretnya juga. Jika kamu masih belum menguasai teknik fotografi produk yang benar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kamu memotret produk untuk toko online yaitu.

Beberapa Tips Foto Produk Yang Berkualitas

  • Kamera yang berkualitas

Usahakan untuk memulai foto produk yang pertama-tama yang harus kamu perhatikan adalah kamera yang berkualitas seperti DSLR atau mirrorless yang bagus. Namun jika dana kamu sangat terbatas, memakai kamera ponsel juga tidak masalah, asalkan hasil gambarnya tidak blur dan detail produk bisa terlihat dengan baik.

  • Sumber cahaya yang baik

Rahasia utama pada seseorang fotografi yang baik ialah pencahayaan. Sumber cahaya sangat mempengaruhi hasil yang kamu foto. Cahaya yang terlalu terang atau pun terlalu gelap akan mengaburkan warna dan detail produk. Tanpa sumber cahaya yang baik, sebagus apapun camera, subjek dan lokasi foto, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Kamu bisa menggunakan sumber cahaya dari matahari atau lampu yang berkualitas. Namun, pastikan cahayanya tidak berlebihan, karena dapat menghasilkan foto dengan kontras yang kuat dan high light yang sangat terang.

  • Latar belakang putih

Usahakan gunakan latar belakang foto yang satu warna. Sebaiknya gunakan warna putih, sebab putih merupakan warna yang netral dan tidak mengganggu perhatian. Produk akan menjadi fokus utama. Foto juga akan lebih mudah diediting nantinya.

  • Gunakan model

Jika dana yang kamu miliki memungkinkan, gunakan model untuk mendemonstrasikan produk. Namun sebaiknya, hanya produk untuk sesuatu yang dipakai saja seperti pakaian. Ini akan memberikan gambaran jelas kepada calon pembeli bagaimana pakaian itu saat dipakai seseorang.

  • Sudut pengambilan gambar

Angle foto atau sudut pengambilan gambar sangat mempengaruhi tampilan produk di mata calon pembeli. Tentunya, sudut pengambilan foto yang pas untuk setiap produk bisa berbeda-beda. Misalnya, produk baju lebih baik difoto dari depan, sedangkan produk makanan lebih baik dari atas. Selain itu, jika perlu, kamu bisa mengambil beberapa foto dari berbagai angle untuk menunjukkan detail penampakan produk dari berbagai sisi atau cari referensi di berbagai media sosial agar hasil foto bermakna.

  • Editing foto

Untuk menyempurnakan foto produk berkualitas, harus dilakukan proses pengeditan menggunakan program aplikasi edit foto. Usahakan foto produk terlihat natural meski telah diedit. Jangan lupa tambahkan watermark agar orang lain tidak bisa menggunakan foto kamu dengan sembarangan. Selain itu, compress atau perkecil ukuran foto sebelum diunggah ke website toko online kamu.

Kesimpulan

Nah, apakah kamu sudah menerapkan semua tips fotografi produk di atas? Jika belum menerapkannya, coba terapkan untuk foto produk di website toko online kamu atau untuk di posting di media sosial yang kamu miliki.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *