5 Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

5 Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Apakah Anda sedang mencari tahu Langkah Memulai Bisnis Online untuk memperoleh penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama Anda? Atau, apakah Anda terhitung sedang mencari kesempatan usaha yang sanggup dikerjakan malalui internet?

Tenang, Anda berada di website yang tepat, dan Anda tidak sendirian. Banyak orang-orang di luaran sana yang sedang melakukan hal yang serupa dengan anda. Jika anda ingin mengetahui bagaimana Langkah Memulai Bisnis Online dengan cara mudah.

Anda bisa membaca atau menyimak apa isi dari konten yang sudah saya jabarkan untuk anda yang ingin memulai bisnis online. Yuk kita bahas satu persatu apa saja.

  • Mulai dengan mindset bisnis yang benar

Untuk mengawali usaha online langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mempunyai mindset usaha bisnis online yang benar.

Mindset ini akan anda tempatkan di posisi pertama adalah karena tentang yang paling penting di dalam usaha online. karena mindset itu adalah salah satu pondasi untuk melakukan sesuatu terhadap bisnis.

Kalau mindsetnya benar, maka langkah-langkah seterusnya juga dapat benar. Jika berasal dari mindsetnya saja udah salah, maka langkah-langkah seterusnya bagaimana akan benar.

  • Tentukan siapa target pasar anda

 Setelah Anda mempunyai mindset bisnis online yang benar, Langkah slanjutny setelah itu untuk memulai bisnis online adalah menentukan siapa yang akan menjadi tujuan market Anda.

Faktanya, tersedia banyak orang yang benar-benar terburu-buru untuk menentukan apa yang akan dia jual. Dalam pikirannya cuma tersedia pertanyaan apa yang bisa dijual melalui internet?

Kalau Anda ingin memulai bisnis online dengan mudah, anda harus menentukan produknya terlebih dahulu dan menargetkan sekedar orang-orang yang sesuai dan harus produk itu saja.

Berbeda dengan Anda yang akan menentukan siapa yang akan menjajakan barang. Misalnya Anda menentukan obyek marketnya adalah ibu muda yang baru saja melahirkan. Maka Anda sanggup menjajakan lebih banyak produk, tidak hanya sepatu bayi saja, tetapi terhitung  sangat banyak contohnya:

  1. Susu bayi
  2. baju menyusui,
  3. botol dan pompa asi,
  4. video edukasi cara merawat bayi
  5. dan masih banyak lagi.

Untuk memudahkan siapa yang akan jadi obyek market, Anda harus mengakibatkan yang namanya BUYER PERSONA.

Buyer persona menjadi salah satu profile dari sekian banyak orang yang sudah menggunakan atau membeli produk dan jasa yang sudah Anda tawarkan.

Untuk menentukan buyer persona, setidaknya ada 4 hal yang harus Anda jelaskan secara rinci, diantaranya :

  1. Demografi : usia, jenis kelamin, status marital, kuantitas anak, area tinggal. pendidikan, pendapatan, sampai pekerjaan.
  2. Minat : hobi, komunitas, majalah/buku yang dibaca, tokoh yang disukai, musik yang didengarkan, acar TV, makanan/minuma favorit, dan lain sebagainya.
  3. Perilaku : sosial area yang digunakan, smartphone yang dipakai, proses operasi, dan lain sebagainya.
  4. Goal : mimpi yang inginkan dicapai, permintaan yang inginkan dipenuhi atau masalah yang inginkan dipecahkan.
  5. Untuk mengakibatkan buyer personal ini caranya cukup mudah. Silakan Anda simak video seterusnya ini. Setelah itu Anda bikin buyer persona Anda sendiri.    
  • Tentukan model bisnis online secara tepat

Mindset sudah, target market  juga sudah. Langkah selanjutnya sesudah itu untuk  memulai bisnis online adalah memilih tipe bisnis yang tepat dan sesuai dengan target market Anda. 

Ada beberapa macam model bisnis online yang bisa anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Contohnya :

  • Mempersiapkan produk dan layanan yang akan anda tawarkan

Setelah cara 1-3 sudah Anda lakukan, cara selanjutnya adalah membuat persiapan produk atau layanan dengan benar.

Misalkan pada cara yang ketiga Anda sudah menentukan untuk jualan online, maka yang harus Anda persiapkan pasti saja produk. Cara mendapatkannya bisa dijalankan melalui 3 cara, diantaranya :

  • membuat produk sendiri
  • membeli produk dari luar negri dan menjualnya Kembali di negara sendiri
  • menggunakan proses dropship. menyita produk dari orang lain, tanpa harus mempunyai stok. 
  • Membuat website atau landing page untuk bisnis anda

Setelah Anda sudah menyediakan product apa yang sudah Anda memanfaatkan untuk mengawali bisnis online. sesudah itu membuat website atau  landing page dan katalog.

Tujuannya adalah sebagai area untuk mengkomunikasikan apa yang Anda tawarkan. Kalau di bisnis konvensional, website, landing page atau katalog ini merupakan toko atau etalasenya saja.

Dengan website, landing page dan katalog ini orang bisa membaca penawaran Anda, memandang visualisasi dari produk atau layanan Anda dan termasuk melakukan aksi yang Anda harapkan, seperti membeli produk atau layanan anda.

Jika anda susah untuk membuat website atau landing page untuk keperluan bisnis online anda. Anda bisa membuat website toko online di bieproduction.com dengan harga yang sangat terjangkau.

Dengan anda memiliki toko online sendiri anda bisa, mengupload dan merubah sesuai kemauan yang anda inginkan tanpa ada batas waktu.

Kesimpulan

Demikian penjelasan lengkap bagaimana langkah mengawali bisnis online dari nol tanpa modal ini. Jika Anda mempunyai pertanyaan, silakan tulis pada kolom komentar. Terima Kasih.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *