6 Langkah Untuk Membuat Video Animasi Dengan Mudah

6 Langkah Untuk Membuat Video Animasi Dengan Mudah

Langkah Untuk Membuat Video Animasi tentu mempunyai tantangan tersendiri. Bila dibandingi dengan pembuatan video pada umum, dapat jadi pembuatan video animasi jauh lebih kompleks.

Ini sebabnya Langkah Untuk Membuat Video Animasi harus Anda jadikan suatu obyek yang akan diwujudkan video secara khusus. Walau seperti itu, bukan berarti pembuatan video animasi tidak bisa dipelajari sama sekali. Berikut metode membuat video animasi dalam enam langkah.

Langkah-Langkah Untuk Membuat Video Animasi

  • Susun Naskah Terlebih Dahulu

Sebagai langkah permulaan, Anda wajib membentuk naskah. Apa saja yang sebaiknya ada dalam sebuah naskah video animasi? Untuk mempermudah Anda dalam membentuk naskah, tentukan terlebih dahulu apa tujuan utama video yang akan dibuat nanti, untuk siapakah video itu diciptakan, apa pesan yang mau Anda sampaikan, dan contoh perbuatan seperti apa yang Anda harapkan dari penonton sesudah menonton video tersebut.

Dari pertanyaan-pertanyaan itu, Anda mesti telah dapat mengenal bagaimana gambaran video kartun yang akan berjalan. Usahakan untuk tidak membuat video menjadi terlalu kompleks sebab dapat membuat penonton sulit memahaminya.

  • Lanjutkan Dengan Storyboard

Sesudah Anda mempunyai naskah, kini waktunya untuk membuat storyboard. Apa itu storyboard? Secara simpel, storyboard dapat dipahami sebagai ilustrasi kasar dari keseluruhan video.

Umumnya storyboard akan menyerupai sebuah komik strip simpel dengan sebagian panel. Storyboard juga memuat bagaimana gambar akan diambil dari sisi angle mana. Dapat dibilang, storyboard yaitu salah satu tutorial untuk membuat  video yang dihasilkan dan dialamatkan untuk Anda sendiri.

  • Tentukan Jenis Video Yang Akan Dibuat

Ada banyak video animasi yang dapat Anda pilih. Berikut ini sebagian contoh video kartun yang sering kali ditemui:

– Animasi 2D

Kartun variasi ini menonjolkan karakter 2D. Kartun seperti ini betul-betul mudah untuk ditemui sebab, relatif lebih gampang dijadikan melainkan menarik.

– Animasi 3D

Kartun yang satu ini menonjolkan karakter 3D. Sekiranya diperbandingkan dengan karakter kartun 2D, karakter 3D ini lebih menonjol lebih riil dan bervolume.

– Animasi Whiteboard

Animasi whiteboard biasa dipakai sebagai media untuk pembelajaran. Ciri khasnya yaitu karakter dalam video yang seolah dijadikan pada sebuah whiteboard.

– Animasi Tipografi

Animasi tipografi ini bisa menggabungkan kartun gerakan dengan artikel. Anda dapat menemukan kartun macam ini pada video lirik.

– Animasi Infografi

Animasi infografi umumnya berisi data grafik. Tujuan utama dari animasi ini ialah untuk membuat data yang kelihatan membosankan menjadi lebih menarik.

  • Mulai Membuat Video Animasi

Kini waktunya Anda untuk membuat video. Anda dapat mengandalkan kecakapan sendiri. Cukup berbekal perangkat komputer, sambungan dunia online, serta web atau software yang menunjang pembuatan kartun, karenanya Anda telah dapat mewujudkan video kartun sendiri.

Tapi, sekiranya Anda masih ragu dengan kesanggupan sendiri, tidak ada salahnya untuk merekrut daya spesialis. Tidak perlu merekrut daya full time atau in-house team, Anda dapat merekrut daya independen untuk proyek singkat. Jasa Video Animasi siap menolong Anda untuk pembuat video animasi yang sudah  berpengalaman.

  • Tambahkan Latar Musik Yang Sesuai

Video animasi akan kurang menarik tanpa adanya latar music yang sesuai. Kecuali sanggup untuk membuat video lebih menarik, latar musik juga dapat menolong Anda untuk menghasilkan suasana yang diharapkan. Misalkan untuk suasana yang mencekam, Anda bisa menambahkan latar musik berupa bunyi petir.

Melainkan, perlu dilihat kembali, ketika memilih latar musik pastikan audio tersebut memang bebas hak cipta. Ada banyak platfrome yang dapat untuk memperoleh audio bebas hak cipta, seperti YouTube Audio Library, Cuma-cuma Stock Music, sampai HookSound.

  • Buat Narasi Cerita

Anda sekarang sudah semakin dekat dengan video kartun buatan sendiri. Apa langkah akhir yang sepatutnya untuk dikerjakan? Langkah terakhir dalam pembuatan animation yaitu menambahkan narasi cerita.

Narasi cerita akan menolong penonton untuk lebih memahami video Anda sehingga nantinya mereka akan dapat memberi respons seperti yang diharapkan. Untuk menambahkan narasi cerita, Anda dapat mengerjakan voice over. Voice over yaitu bunyi yang ditambahkan ke dibidangnya dalam merekam voice over.

Kesimpulan

Itulah enam langkah yang sangat mudah untuk membuat video animasi. Untuk dapat mewujudkan video animasi bermutu tinggi memang tidak dapat cuma dalam sekejap waktu, Anda perlu terus berlatih supaya kartun akan semakin bagus. Semoga tips di atas menolong Anda untuk menyempurnakan video kartun buatan sendiri.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *