Mengenal Tugas-Tugas Seorang Editor

Mengenal Tugas-Tugas Seorang Editor

Mengenal Tugas-Tugas Seorang Editor. salah satu kunci keberhasilan sebuah film atau video yakni pelaksanaan editing. Editing video adalah pelaksanaan memilih, merangkai, membentuk ulang, dan memanipulasi video-video yang telah direkam menjadi satu rangkaian video sehingga menjadi sebuah cerita utuh sebagaimana yang diharapkan layak konsep yang sudah diatur.

Dikala pelaksanaan editinglah inilah gambar-gambar yang tak penting dan tak layak dengan konsep wajib dihilangkan, susunan video wajib dirangkai layak dengan durasi yang sudah diatur, dan hal-hal yang kurang nikmat diperhatikan akan di edit dan ditambahkan, sehingga semua hasil menjadi rangkaian video utuh yang pantas ditampilkan ke publik.

Dikala pelaksanaan editing, editor yaitu orang yang paling bertanggung jawab kepada mutu sebuah video. Editor video wajib sanggup memahami maksud dan menerjemahkan harapan sutradara.

Berikut ini kita sama-sama akan membahas apa saja tugas seorang editor.

Mengenal Tugas-Tugas Seorang Editor Film

  • Menyunting video

Menyunting atau mengumpulkan video yang telah diambil atau direkam adalah hal pertama yang semestinya dilaksanakan oleh seorang video editor. Video-video hal yang demikian itulah hasil kerja para kameramen yang masih belum diolah, atau masih seusai dengan format aslinya.

Segala video yang terkait dengan naskah atau skenario semestinya dikumpulkan di dalam satu hardisk atau ingatan penyimpanan untuk mempermudah performa berikutnya.

  • Menyusun ulang

Setelah seluruh video yang direkam selama cara kerja shooting telah dikumpulkan, editor sepatutnya membentuk ulang video-video hal yang demikian layak dengan urutan sebagaimana tercantum dalam naskah atau skenario.

Untuk mempermudah pembentukan ulang video-video hal yang demikian, biasanya seorang editor akan bertolak ukur pada clapperboard (papan clip) yang umumnya dishooting di permulaan adegan.

Dalam clapperboard hal yang demikian terdapat catatan mengenai nomor urut adegan, scene, dan data-data lain mengenai pengambilan gambar.

Dalam kesibukan membentuk ulang video, seorang editor sepatutnya memotong gambar-gambar yang tidak penting yang tidak termasuk ke dalam skenario.

  • Memfilter video

Memfilter video berarti memilih gambar-gambar yang penting saja dan memberikan efek dan manipulasi grafik lainnya untuk meningkatkan tampilan video supaya lebih enak untuk dipandang juga supaya terhindar dari gambar-gambar yang mengganggu jalannya cerita.

Kecuali itu, pada cara kerja filterasi ini seorang editor juga sepatutnya mengendalikan transisi atau perpindahan dari satu adegan ke adegan lain menjadi lebih halus. Saringan video juga terkait dengan tata sinar pada gambar-gambar yang telah dikumpulkan.

Pada cara kerja ini, editor sepatutnya memilih dan memilih mutu video yang paling bagus dan paling layak dengan naskah, karena sebuah adegan umumnya sepatutnya mengalami sebagian kali take atau pengambilan gambar.

  • Olah suara atau edit voic over

Sesudah memfilter video, tugas berikutnya dari seorang editor video yaitu mengolah bunyi suara, bagus bunyi orisinil yang timbul saat pelaksanaan pengambilan gambar atau bunyi-bunyi tambahan yang perlu ditambahkan untuk memperkuat suasana video, semisal sound effect atau musik.

Dalam hal ini, seorang editor sepatutnya berprofesi sama dengan penata bunyi suara dan penata musik supaya mewujudkan bunyi suara yang pantas dengan konsep.

  • Membuat titel

Sesudah seluruh gambar atau video telah tertata menjadi kesatuan cerita yang utuh dan cocok dengan skenario, tugas berikutnya yaitu membuat titel pada video hal yang demikian, merupakan info teks atau keterangan yang terkait dengan materi video.

  • Finishing

Sesudah level-level di atas selesai dijalankan, video editor semestinya melaksanakan profesi akibatnya, yakni tahap finishing. Pada tahap finishing, seluruh crew inti dari pembuatan video hal yang demikian, mulai dari Sutradara, penata bunyi suara, penata artistik, dan crew-crew lainnya semestinya menyaksikan bersama video yang telah diedit untuk memutuskan bahwa video atau film yang telah diciptakan telah terangkai secara total.

Itulah tugas-tugas seorang editor yang perlu anda pahami. Jangan lupa untuk di bagikan kepada yang tidak mengetahuinya. Terima Kasih.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *