Pengertian Dan Manfaat Video Animasi Bagi Pendidikan

Pengertian Dan Manfaat Video Animasi Bagi Pendidikan

Pengertian Dan Manfaat Video Animasi – – Meskipun Jasa Video Animasi sebagai alat komunikasi yang menggunakan gambar dan tidak bersuara, terkadang komunikasi visual dengan desain grafis dapat menjadi alat komunikasi yang lebih menarik dibandingkan dengan menggunakan audio atau suara saja.

Akan lebih menarik lagi apabila desain grafis yang berbentuk visual saja digabungkan dengan audio yang kemudian dikenal sebagai audio visual.

Desain grafis banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, dan memiliki manfaat sesuai dengan bidang yang menggunakannya.

Lalu apa saja pengertian dan manfaat Video Animasi Bagi Pendidikan?

Pengertian Dan Manfaat Video Animasi

Video Animasi adalah sebuah gambar bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus sehingga bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Objek yang dimaksud adalah gambar manusia, tulisan teks, gambar hewan, gambar tumbuhan, gedung, dan lain sebagainya.

Ada juga beberapa orang yang mendefinisikan Video Animasi sebagai hasil pengolahan gambar tangan menjadi gambar bergerak yang terkomputerisasi. Dulunya proses membuat konten Animasi memerlukan gambar tangan yang dibuat hingga berlembar-lembar. Namun, dengan kemajuan di bidang teknologi komputer animasi tidak lagi dibuat diatas kertas melainkan langsung di komputer.

Baca Juga : Fungsi Video Animasi

Manfaat Video Animasi Bagi Pendidikan

  • Dapat menampilkan secara visual baik dalam bentuk gambar atau animasi sebuah zat atau objek yang sangat kecil dan tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang seperti bentuk ion, molekul, mikro organisme, sel dan lain-lain.
  • Dapat menampilkan secara visual dan audio dalam bentuk  animasi, gambar atau video sebuah objek yang besar dan jauh seperti hewan buas, bentuk permukaan bumi (gunung, sungai dan lain-lain) dan benda luar angkasa (planet,satelit).
  • Dapat menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  kompleks,  rumit  dan  berlangsung  cepat atau  lambat,  seperti  sistem  tubuh  manusia,  bekerjanya  suatu   mesin, beredarnya  planet  Mars,  berkembangnya  bunga  dan lain-lain.
  • Dapat menyajikan bentuk animasi dan simulasi dari  benda  atau  peristiwa  yang  berbahaya,  seperti  bencana alam (gempa, gunung berapi) dan peristiwa perang.
  • Dapat menyajikan berbagai simulasi yang rumit dalam bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknik yang apabila disimulasikan ke dunia nyata cukup mahal.
  • Dengan animasi , siswa dalam belajar materi yang rumit menjadi lebih mudah dipahami dan dibayangkan. Animasi biasa berbentuk simulasi, eksperiment atau prosedur. Dengan animasi , siswa mudah mengerti dan memahami suatu proses yang sulit diterjemahkan oleh teks dan gambar seperti proses pembelahan sel, proses kimiawi dan lain-lainnya.
  • Melalui video , siswa mampu mempelajari keadaan riel dari suatu proses, fenomena atau kejadian. Siswa dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video disampaikan melalui media seperti televisi. Video mampu  menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).

Lihat : Contoh Video Animasi Yang Berkualitas

5/5 - (14 votes)
Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *