Pengertian Multimedia Yang Bisa Anda ketahui

Pengertian Multimedia Yang Bisa Anda ketahui

Menurut bahasa, Pengertian Multimedia berasal dari dua kata, yakni multi dan media. Multi artinya banyak, namun sarana artinya sesuatu yang digunakan untuk mengekspresikan pesan atau perantara.

Beberapa paduan Mengenai Pengertian Multimedia menjadi suatu elemen yang disimpan, ditampilkan, dikirim, atau diproses bersama sebuah perangkat tertentu.   

Pengertian Multimedia Yang Dapat Anda Ketahui

Multimedia adalah fasilitas yang memadukan dua unsur atau lebih fasilitas yang terdiri berasal berasal dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi.  

Jenis-Jenis Multimedia

Setelah kami mengupas dan juga menyadari pengertian multimedia, seterusnya kami sanggup mengupas berkenaan jenis jenis multimedia.

Secara lazim multimedia sanggup dibedakan jadi dua jenis, yaitu multimedia conten production dan multimedia communication.

  1. Produksi Konten Multimedia

Multimedia conten proction merupakan hasil atau produk dari proses penggabungan lebih dari satu area seperti, teks, audio, animasi, graphics, interactivity, dan juga video untuk mengemukakan sebuah informasi.

Kemudian hasil dari proses itu disebut multimedia (music, video, film, game, intertaintment, dll). Untuk multimedia jenis ini, area yang digunakan berupa:

  • lMedia Audio.
  • lMedia Teks.
  • lMedia Animasi.
  • lMedia Video.
  • lGrafik Media / Gambar.
  • lMedia Spesial Effect.
  • lInteraktivitas Media.

2. Komunikasi Multimedia

Multimedia communication adalah proses pemanfaatan atau pemanfaatan area (massa), seperti area cetak, radio, televisi, dan juga internet.

Tujuannya adalah sebagai area untuk mengemukakan atau mempublikasikan sebuah pesan atau informasi, seperti, material advertising (iklan), news (berita), publicity (publikasi), entertaintment (hiburan), education (pembelajaran atau pendidikan), tutorial dan sebagainya.

Untuk multimedia jenis ini, area yang digunakan berupa:

  • lMedia Cetak.
  • lRadio.
  • lTV Film.
  • lPermainan.
  • lMusik.
  • lHiburan.
  • lICT (Internet).

Jenis Jenis Multimedia Pembelajaran

  • ltimedia Interaktif

Pengguna atau user secara penuh sanggup mengontrol seputar apa dan kapan elemen multimedia sanggup  dikirimkan atau di tampilkan.

Jenis Jenis Multimedia Interaktif

Ada lebih dari satu jenis atau jenis multimedia interaktif yang digunakan untuk object pembelajaran, diantaranya tutorial, drill and practice, simulasi, instructional games, hybrid, socratic, inquiry dan informational.

  • Multimedia Hiperaktif

Jenis Multimedia Hiperaktif mempunyai lapisan bersama dengan elemen – elemen berkenaan yang sanggup di arahkan oleh pengguna bersama dengan tautan (link) menuju elemen – elemen multimedia yang ada.

  • Jenis Multimedia Linear ( Berurutan )

Multimedia Linear merupakan jenis multimedia yang terjadi lurus, multimedia seperti ini biasanya banyak kami temukan pada seluruh jenis film, Tutorial video, dan sebagainya.

Sedangkan untuk multimedia interaktif merupakan jenis multimedia interaksi, artinya suatu pertalian pada area dan pengguna area bersama dengan melalui pertolongan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya

Interaksi multimedia seperti ini terjadi tanpa pemeriksaan navigasi dari penguna, Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekussial dari awal sampai akhir.

Contoh dari multimedia linier yaitu movie atau film, e-book, musik, dan siaran TV.

  • Multimedia Presentasi Pembelajaran

Multimedia presentasi pembelajaran merupakan alat bantu bagi guru untuk proses pembelajaran di kelas, tetapi tidak mengantikan peran guru secara total didalam mengajar.

  • Multimedia Pembelajaran Mandiri

Multimedia pembelajaran berdiri sendiri merupakan suatu software yang sanggup dimanfaatkan secara berdiri sendiri oleh siswa tanpa pertolongan guru.

Multimedia pembelajaran berdiri sendiri juga harus sanggup didalam menggabungkan explicit, knowledge, dan tacit information mengandung fitur asemen untuk latihan ujian dan simulasi juga juga tahapan didalam pemecahan suatu masalah.

  • Perangkat Multimedia

Multimedia kits merupakan suatu kumpulan materi atau pembelajaran yang meliputi lebih dari satu jenis area yang diorganisir di sekitar topik utama.

Tujuannya adalah untuk proses presentasi di didalam kelas keunggulan: multimedia kits membakitkan gara-gara mereka multi sensorik.

Multimedia kits jadi maksime dan juga ideal sebagai area untuk merangsang kerja group proyek kecil, kits mempunyai keunggulan tersendiri, yaitu sanggup di angkut dan digunakan di luar kelas (logiostik).

  • Jenis Multimedia Hypermedia

Ini merupakan perpanjangan dari Hipertex, yaitu dokumen yang terdiri dari teks, audio, Info visual yang disimpan didalam komputer.

Contoh dari hypermedia yaitu saat didalam suatu pembelajaran mengunakan link pada sebuah web.

  • Jenis Multimedia (Media Interaktif)

Sistem pembelajaran interaktif merupakan proses pengiriman atau pertolongan pelajaran yang direkam secara visual, nada dan bahan video yang di sediakan di bawah pemeriksaan komputer.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Sponsor

Tujuannya supaya tidak cuma menyaksikan dan mendengar suara, tetapi juga untuk sebabkan respon secara aktif dari siswa.

Keunggulan dari proses ini yaitu ada lebih dari satu teks, audio, graif, gambar, diam dan seluruh gerak gambar sanggup dikombinasikan supaya mudah di gunakan.

  • Jenis Multimedia (Virtual Realitas)

Virtual reality atau dikenal juga bersama dengan realitas maya merupakan teknologi untuk pembelajaran yang amat barangkali pengguna untuk sanggup berinteraksi didalam suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer.

Entah itu suatu lingkungan yang sebenarnya ditiru atau amat suatu lingkungan yang cuma ada didalam imajinasi.  

Kesimpulan

Ok, kemungkinan cukup sekian pembahasan yang sanggup saya sampaikan melalui postingan artikel ini.

Semoga apa yang saya tulis ini sanggup menambahkan manfaat meskipun sedikit untuk Anda.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *