Video Liputan Dan Langkah-Langkahnya

Video Liputan Dan Langkah-Langkahnya

Meliput berasal dari kata Video liputan, yang berarti melihat atau merangkum. menjadi , apa yang dilihat, dirangkung, lalu dibuat dalam bentuk catatan atau naskah. Dalam bahasa wartawan, Meliput dapat berarti peristiwa yang jurnalis lihat, kemudian mereka rangkum dan tuangkan dalam bentuk tulisan menjadi suatu informasi yang berupa berita.

Pengertian Liputan

Peliputan info yaitu pengerjaan pengumpulan data dan isu di lapangan yang dilaksanakan wartawan atau jurnalis. Pengerjaan ini dapat berupa pemantauan seketika dan pencatatan suatu momen yang terjadi atau juga wawancara dengan sejumlah narasumber. Dalam peliputan biasanya jurnalis melaksanakan perekaman bagus bunyi ataupun gambar dengan alat tolong seperti perekam bunyi (tape recorder) atau kamera untuk memfoto. Untuk info penyiaran layar kaca, peliputan biasanya dilaksanakan dengan kamera video yang merekam jalannya momen.

Lalu apa saja langkah-langkah sebelum meliput?

Langkah-langkah meliput

  • Membuat Naskah

Proses pembuatan sebuah naskah berita dilakukan oleh para reporter dan akan dikoreksi kembali oleh produser/kepala penyiaran sebelum akhirnya Video itu di cetak.

  • Dubbing

Merekam suara baru atau disebut Voice over bisa dilakukan jika sebuah naskah telah selesai di cetak. Pada bagian ini pihak redaksi yang telah mencetak akan menyerahkan hasil naskah untuk di dubbing atau pengisian suara untuk isi berita tersebut.

  • Editing

Editing merupakan sebuah proses untuk pemeriksaan kembali baik naskah, tulisan atau yang berbentuk video serta audio yang akan diberitakan nantinya.

  • Penyiar Berita

Penyiar berita baru dimulai jika sudah mendekati waktu yang ditentukan. Karena berita merupakan tayangan siaran langsung, maka segala susuatunya sudah harus dipersiapkan lebih matang terlebih dahulu untuk di tampilkan di berbagai media Televisi.

Kesimpulan

Mungkin hingga sampai sini saja penjelasan kita mengenai pengertian Video liputan dan langkah-langkahnya. Semoga pengetahuan Anda menjadi lebih jauh lagi dikala Anda membaca konten ini dengan benar dan tak cuma sekadar membaca saja melainkan tak memahami apa isi konten ini.

Sekian dari kami bieproduction jasa layanan Video Liputan yang sudah di percaya di berbagai perusahaan besar.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *