Pentingnya Menganalisa Kompetitor Untuk Bersaing Di Bisnis Onlin

Pentingnya Menganalisa Kompetitor Untuk Bersaing Di Bisnis Online

Mungkin ada sebagian beberapa orang yang kurang paham apa Pentingnya Menganalisis Kompetitor untuk kompetisi bisnis online, secara khusus yang baru saja mengawali, ada juga yang berdaya upaya bahwa dengan mulai membuat web, facebook, instagram lalu beriklan kemudian bisa penjualan.

Selama kami terjun di dunia komputerisasi marketing atau online marketing untuk memenangkan persaingan di dunia online itu ialah hal yang sangat awam, melainkan kalau pebisnis tidak siap seringkali membuat diri menjadi down dengan kenyataan yang ada. Kami akan mengulas Pentingnya Menganalisa Kompetitor untuk memenangkan bisnis di dunia Online atau Offline.

Apa Pentingnya Menganalisa Kompetitor Untuk Bisnis

Analisa kompetitor yaitu suatu penelitian strategis yang berpusat pada pengumpulan dan peninjauan isu tentang perihal perusahaan untuk memenangkan kompetisi. Ini menjadi salah satu taktik yang benar-benar penting untuk mengenal apa yang dijalankan pesaing kamu dan variasi ancaman seperti apa yang bisa mereka berikan kepada bisnis yang sedang kamu jalankan.

Amat besar kemungkinan ada sebagian perusahaan besar di luar sana yang menawarkan produk atau layanan yang serupa dengan bisnis kamu. Lalu, apa yang mesti kamu persiapkan untuk menghadapi keadaan semacam ini? Sekedar mengenal apa yang ditawarkan saingan, tidak akan cukup. kamu butuh lebih dari itu, untuk memenangkan bisnis.

Dengan munculnya beraneka teknologi baru, kamu akan kian gampang untuk mengenal lebih banyak perihal saingan kamu. Penting untuk menjalankan analitik  saingan dengan tetap dan menyeluruh supaya kamu konsisten selangkah menjadi lebih maju dari mereka yang sama dalam berbisnis.

Ada 5 Langkah Untuk Menjalankan Analisa Kompetitor Yang Bisa Kamu Terapkan

  • Identifikasi Pesaing Terberat yang kamu ketahui

Ini mungkin terdengar sedikit aneh, namun apakah kamu telah mengidentifikasi siapa saja perusahaan saingan terberat yang kamu kenal? jumlahnya mungkin bervariasi bertumpu pada variasi industri kamu

Tidak peduli skala bisnis kamu, entah itu lokal, nasional, atau multinasional, kamu akan senantiasa mempunyai pesaing yang siap mengancam bisnis kamu berkeinginan itu kapan saja dan dimana saja. Mereka mengincar sasaran audiens yang sama seperti bisnis kamu.

Jika kamu masih bingung atau kesulitan untuk mengidentifikasi pesaing yang akan kamu cari, ingat Google dapat membantu. Cari jenis layanan atau produk yang sama dengan kamu tawarkan di Google, sangat besar kemungkinan kamu akan melihat beberapa pesaing utama kamu yang sudah muncul di hasil pencarian Google dalam dunia Online.

  • Menganalisis dan Membandingkan Konten

Setelah mengidentifikasi pesaing kamu, mulailah melakukan analisis kompetitor dan menggali lebih dalam lagi untuk memahami jenis konten apa yang mereka terbitkan setiap harinya.

Menganalisis konten mereka dapat membantu kamu untuk menemukan peluang dalam persaingan. Konten apa yang menjadi fokus mereka? Sebuah blog? Studi kasus? Konten premium? Atau yang lainnya.

  • Analisis Struktur SEO Mereka

Anggaplah kamu dan kompetitor yang kamu memiliki jenis konten yang sama dan kualitas yang juga setara. Lalu apa yang bisa membedakan konten buatan kamu dengan mereka? Mungkin struktur SEO yang mereka miliki.

Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan untuk melihat apakah SEO mereka benar-benar mempengaruhi kinerja bisnisnya atau tidak, lihat :

– Judul Halaman

– URL

– Tag 1

– Konten

– Internal Link

– Teks Alt Gambar

– Outbound Link

Selain hal diatas kamu harus mengetahui jenis Keyword apa yang ia gunakan, sehingga dalam hasil pencarian Bisnis mereka muncul di halaman 1 dalam hasil pencarian Google.

  • Identifikasi Apa yang Perlu Ditingkatkan

Setelah melakukan analisis kompetitor, kamu sekarang sudah memiliki  beberapa ide dan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dilakukan pesaing kamu.

Kumpulkan semua informasi yang kamu  dapatkan dari masing-masing pesaingdi berbagai dunia Online atau Offline, dan identifikasi aspek apa yang perlu kamu tingkatkan. Setelah melakukan analisis, setidaknya kamu akan menemukan sesuatu yang perlu ditingkatkan.

Kesimpulan

Demikian semoga pembahasan kita kali ini mengenai Pentingnya Mnganalisa Persaingan dalam dunia bisnis. Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan adalah ketika ingin melakukan sesuatu janganlah pernah banyak merencanakan sesuatu, karena rencana semua itu akan mudah untuk menghilang kan rasa semangat.

Bergeraklah dan melangkahlah di sana kamu akan mengetahui apa kesalahan kamu dan apa yang harus kamu benarkan untuk berbisnis. Semoga bermanfaat.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *