8 Cara Teknik Pengambilan Video Untuk Pemula

8 Cara Teknik Pengambilan Video Bagi Pemula

Mau tau bagaimana Cara Teknik Pengambilan Video yang layaknya seperti videographer yang sangat handal? Dalam pengambilan sebuah gambar atau video memang harus bergantung pada kebisaannya dari cara Teknik Pengambilan Video bisa disebut seperti angle yang bagus dan mampu menarik perhatian bagi para penontonnya.

Cara Teknik Pengambilan Video Sama halnya seperti Teknik-teknik fotografi pada umumnya, kamu juga harus lebih banyak mengetahui apa saja Teknik-teknik dasar yang sering dilakukan oleh fotografer atau videographer untuk mendapatkan hasil video dan gambar yag sangat bagus untuk dilihat. 

Berikut ini ada 8 cara Tekniik Pengambilan Video Untuk Pemula!!!

Inilah Cara Teknik Pengambilan Video Yang Bisa Di lakukan Bagi Pemula

Teknik Pengambilan Video Untuk Pemula

Ambil Gambar Per Adegan 

Perlu kamu ketahui Ketika melakukan shooting usahakan untuk memiliki lebih dari satu kamera. Hal ini sangat berpengaruh, terutama jika kamu hanya mengambil 1 angel saja video yang nantinya akan dilihat tidak akan menarik, melainkan biasa saja, dan penonton yang melihatnya pun menjadi bosan. 

Kamu juga harus memperhatikan pengambilan video atau gambar untuk menjaga kestabilan gambar dan video yang sudah kamu shoot sebelumnya. Ingatlah kamu ada tanggung jawab dari sebuah pengambilan gambar untuk di sampaikan kepada penonton, jadi cobalah mengambil video atau gambar yang sekiranya tidak membuat penonton merasa jenuh.

Hindari Mengunakan Zoom

Terlalu banyak Menggunakan atau melakukan teknik zoom pada pengambilan video menjadi salah satu masalah yang seringkali terjadi bagi pemula. Dampaknya saat pengambilan video atau gambar yang terlalu banyak menggunakan zoom, video akan sangat terlihat amatir sekali.

Jika di dalam sebuah video yang akan kamu buat sekiranya membutuhkan zoom out atau zoom in. usahakan laukan secara perlahan, agar video yang akan dihasilkan akan menjadi lebih berkualitas dan tidak buram pada saat di lihat nanti.

Isilah Frame Dengan Subjek Gambar

Buat kamu yang ingin menjadi seorang fotografer atau video grafer usahakan ambillah sebuah gambar atau video kamu dengan cara yang baik dan benar. 

Sebagai contoh, jika kamu akan melakukan shoot pada suatu objak misalkan anak-anak sedang bermain, akan lebih menarik jika kamu mengambil sebuah gambar atau video anak-anaknya saja yang sedang bermain itu. Dari situ kamu bisa mengambil gambar anak-anak tersebut saat melakukan geraka-gerakan yang unik untuk dilihat.

Usahakan Mengambil Gambar Secara Mendetail

Nah yang satu ini harus kamu perhatikan pada saat mengambil angel yang kamu suka. Misalkan, kamu ingin mengambil latar belakang dari anak-anak kecil itu. Entah itu berbagai macam angel yang akan kamu shoot.

Untuk mendapatkan hasil gambar atau video secara mendetail, kamu harus berfokus jangan hanya satu titik saja pada saat pengambilan gambar atau video.

Lihat sekeliling lokasi tersebut apakah bagus dengan angel seperti ini, atau tidak. Karena itu yang akan mentukan gambar yang kamu shoot menjadi detail atau tidaknya.

Gunakan Angel Yang Berbeda-beda

Ini yang saya maksud dari penjelsan di atas tadi. Kamu itu harus banyak-banyak mengunak footage dengan berbagai angel yang unik. Dengan begitu, hasil rekaman atau hasil pemotretan akan menjadi menarik.

Agar hasil video atau gambar yang sudah kamu hasilkan menjadi menarik. Usahakan untuk mengambil video atau gambar dari jarak dekat dengan jarak sudut pandang atas ke bawah jika lokasi atau tempat memungkinkan.

Hindari backlight

Apa itu Backlight?  Backlight adalah suatu tempat  yang dimana salah satu sumber cahaya akan berada di belakang suatu objek yang ingin di foto.

Backlight atau cahaya matahari yang membelakangi suatu subyek pada saat mengambil gambar dana video, itu seringkali membuat suatu subyek tidak terlihat dengan begitu jelas. Kamu sendiri yang bisa melihat dan memperbaiki situasi tersebut dengan berpindah sudut pengamblan yang lainnya. Tetapi sekarang ada beberapa kamera yang sudah bisa menghilangkan Backlight. Jadi jangan terlalu khawatir untuk kedepannya.

Jangan biasakan menggunakan banyak special effects

Memang si sangat terlihat keren jika kamu menggunakan efek -efek yang sesuai dengan situasi lokasi. Akan tetapi, semua ini akan membuat video yang dihasilkan nantinya tidak sesuai dengan kenyataan.

Jika memang efek tersebut harus dilakukan untuk memperjelas sebuah gambar atau video itu, pilihlah salah satu software edit film dengan efek yang sangat ringan.

Gunakan pencahayaan yang maksimal

Cahaya ini memang sangat penting untuk kita lihat. Saat mengambil video atau gambar, jika cahaya yang dihasilkan kurang maksimal. Maka, gambar atau video akan memiliki kualitas yang begitu rendah bisa terbilang sangat jelek.

Pancahayaan itu bukan hanya di dalam ruangan saja, tetapi di luar ruangan juga sangat memerlukan cahaya yang maksimal untuk mendapatkan hasil gambar atau video yang berkualitas.

Kesimpulan

Itulah penjelsan singat yang secara detail kamu ulaskan untuk kamu. Jika kamu bingung untuk membuat video yang menarik seperti apa, kamu bisa mengunjungi salah satu vendor yang sudah terpercaya untuk membuat video semenarik mungkin.

Aku rekomendasikan bangat buat kamu yang ingin membuat video kamu bisa mengunakan Jasa Pembuatan Video Terpercaya Di Indonesia Semoga bermanfaat untuk kalian.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *