office-ga13e7a6b9_1280

Tools Marketing Yang Sering Digunakan Pebisnis Muda

Seorang pebisnis muda atau digital marketer diharapkan harus memiliki kemampuan dapat mengerjakan tugas ganda secara bersamaan dalam melakukannya pekerjaannya. Kemampuan multitasking seorang marketer harus juga di kuasai oleh setiap owner bisnis online atau pekerja di agensi yang memiliki tuntutan untuk mengerjakan banyak hal di waktu yang bersamaan.

Jika anda ingin menjadi seorang marketer atau pebisnis muda yang sukses, janganlah khawatir. Perkembangan digital saat ini, memberi kemudahan dengan menghadirkan marketing tools atau software untuk kegiatan marketing.

Marketing toolsadalah software yang di kembangkan untuk membantu kegiatan marketing (pemasaran). Sehingga, memudahkan kita dalam membuat perencanaan tugas kerja, produksi konten, proses desain, analisis keyword, lead generation sofware, social mediamanagement sofware, hingga proses analisis dengan analytics sofware. pada artikel ini, kita akan membahas beberapa tools marketing yang populer di kalangan para pebisnis muda.

Baca juga : Platform sosial media untuk digital marketing

Beberapa tools marketing yang sering di gunakan pebisnis muda

Manajemen Proyek & Alat Kolaborasi

Inilah beberapa tools marketing yang berguna untuk mengatur proyek dan kolaborasi online dan dapat membuat kerja sama dalam tim menjadi lebih mudah, bahkan lebih cepat. Software ini pun dapat mempermudah anda dalam membuat penugasan kerja, deskripsi brief tugas, dan menetapkan deadline, serta dapat juga melihat proses pekerjaan secara menyeluruh.

Monday.com adalah software manajemen proyek yang dapat membantu tim dalam mengelola beban kerja dengan mudah. Bahkan memiliki fitur untuk berkomunikasi antar sesama tim.

Fungsi yang di berikan pun sangat beragam, seperti pengguna dengan cepat memeriksa proyek mana yang sedang berlangsung dan yang sudah selesai. Tim yang mengalami stuck pun dapat terkontrol dalam software ini. Dan masih banyak lagi kemudahan yang di berikan oleh Monday.

Untuk mengakses Monday anda hanya perlu tersambung dengan internet.

Asana adalah software-as-a-service (SaaS) berbasis cloud yang dirancang untuk memudahkan dalam meningkatkan manajemen pekerjaan dan kolaborasi kerja sama tim. Pengguna juga dapat mengelola proyek dan tugas industri dalam satu platform dengan baik.

Meskipun pada awalnya anda merasa kebingungan, kemampuan dan flexibilitasnya yang canggih dapat berguna untuk tim dan perusahaan yang menangani banyak proyek sekaligus, dan dapat melayani perusahaan dalam berbagai ukuran.

Alat Pemasaran & Otomatisasi Email

Untuk saat ini, Email adalah salah satu saluran pemasaran yang paling efektif. Hubungan jangka panjang dengan customer pun akan berjalan dengan baik. Saat ini, Anda dapat mengakses sistem email marketing dengan fitur yang makin canggih,.

Sendinblue membantu kebutuhan email marketing danmengotomatiskan halaman arahan (landing page), SMS marketing, dan lainnya. Setelah Anda men-design alur kerja Anda di SendInBlue, software ini akan melakukan pekerjaaa secara autopilot, serta memungkinkan Anda untuk menargetkan ulang (retargeting), men-segmentasikan, dan menjangkau pelanggan dengan mudah. Masih banyak lagi kemudahan dan fitur – fitur yang di berikan oleh endinblue.

Sendinblue dapat di akses secara gratis untuk percobaan, jika anda ingin menggunakannya dalam jangka yang panjang cobalah paket premium yang harganya lumayan terjangkau.

MailChimp adalah salah satu platform email marketing yang sangat direkomendasikan untuk semua pebisnis pemula. Karena mudah untuk digunakan untuk anda baru memulai suatu bisnis.

Software ini mempermudah para marketer dalam membuat email marketing secara professional, serta membantu Anda untuk mengkonversi prospects lebih baik lagi. Fitur templat yang ada pun tampak profesional, dan analitik yang akan membantu kegiatan marketing Anda menjadi efisien dan menarik berbagai konsumsen dari waktu ke waktu.

SEO Tools untuk Digital Marketing

Software ini membantu anda dalam pencapaian efektivitas SEO secara konsisten. Banyak marketer yang kurang faham terhadap SEO, namun untuk menambah wawasan kita akan membahas sedikit software untuk memksimalkan SEO.

  • Yoast SEO

Yoast SEO adalah salah satu tools marketing berupa plugin SEO yang paling populer pada wordpress. Software ini dapat mengoptimalkan landing page, kemudian mampu memberikan optimalisasi terhadap kata kunci yang lebih spesifik. Tidak hanya itu, Yoast SEO dapat menentukan peringkat konten atau blog kamu di mesin pencari.

  • Majestic SEO

software ini dapat melakukan survei di internet untuk mencari sebuah tautan ke situs web Anda. Majestic juga di kabarkan telah membangun database “Link Intelligence” terbesar di dunia.

Visual Content Creator Tools

Dalam membantu menarik konsumen ataupun investor, pasti yang di perlukan adalah membuat konten visual yang menarik dan efektif. Tools di bawah ini memudahkan Anda untuk membuat konten visual yang anda bisa kembangkan sekreatif dan sekeren mungkin.

Platform berbasis online ini sekarang sudah bisa di akses pada aplikasi di playstore. Anda dapat dengan mudah membuat grafis tampak lebih profesional. Dengan penggunaannya yang mudah, memungkinkan Anda dapat menggunakan Canva untuk membuat postingan di berbagai platform media sosial. Tidak hanya itu, canva juga dapat di gunakan sebagai alat bantu untuk presentasi, membuat cover website, infografis dan lainnya secara gratis.

  • Powtoon

Powtoon adalah platform komunikasi visual yang populer saat ini.  software ini meudahkan siapa saja dalam membuat video dan presentasi yang terlihat lebih profesional dan menarik dalam hitungan menit.

Baca juga : Manfaat video promosi di dunia marekting

Landing Pages Tools

Berikut ini adalah Software yang memiliki kemampuan untuk mempermudah para marketer dalam membuat halaman arahan yang dipersonalisasi dengan cepat oleh formulir, gambar, dan corong. Dan juga di gunakan sebagai game changer bagi para marketers.

Social Media Management & Analytics

Di era digital saat ini, begitu banyak orang-orang menghabiskan waktunya di media sosial. hal ini menjadikan salah satu ide marketing yang efisien adalah memanfaatkan situasi tersebut secara maksimal. Cara memanfaatkannya adalah dengan menggunakan software manajemen media sosial, seperti di bawah ini.

Hootsuite adalah tools manajemen media sosial yang yang sangat populer digunakan oleh para perusahaan kecil maupun besar. Yang dapat mempermudah pengguna untuk menyimpan dan menjadwalkan konten media sosial di berbagai platform. software ini dapat membantu Anda melacak kinerja konten media sosial dengan mudah dan efektif, menghitung konversi, ROI, dan mengontrol percakapan publik tentang produk, brand, atau layanan Anda. Hootsuite dapat di akses dengan uji coba gratis selama 30 hari dan anda juga dapat berlangganan dengan paket premium yang di tawarkan.

Software manajemen media sosial untuk brand satu ini adalah bertujuan untuk mendorong keterlibatan suatu produk atau brand dalam media sosial. Tools dan fitur yang ada di dalam Buffer tidak beda jauh dengan hootsuite. Ada versi gratis yang anda bisa akses untuk uji coba, akan tetapi Anda bisa mendapatkan lebih banyak akses ke fitur lainnya dalam fitur premium yang di berikannya.

Analytics Tools Untuk Digital Marketing

Penting untuk anda dalam memantau data tentang aktivitas yang terjadi di situs Anda. Beberapa tools analytics ini dapat membantu Anda menganalisis situs web Anda.

Kesimpulan

Demikian beberapa software atau tools digital marketing yang populer di gunakan oleh pebisnis muda, serta dapat Anda gunakan untuk membantu membuat konten SEO, memproduksi konten, desain konten, membuat landing page, dan melakukan email campaign, mengatur sosial media, hingga menganalisis seluruh kegiatan marketing yang ada.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *