Ada Beberapa Jenis-Jenis Multimedia Menurut Fungsinya
Ada Beberapa Jenis-Jenis Multimedia Menurut Fungsinya/bieproduction.com

Ada Beberapa Jenis-Jenis Multimedia Menurut Fungsinya

Jenis–Jenis Multimedia berasal dari kata ‘multi’ dan ‘media’. Multi bererti banyak, dan tempat bererti tempat, layanan atau alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Jadi berdasarkan kata ‘multimedia’ bisa dirumuskan sedagai wadah atau penyatuan lebih dari satu tempat yang setelah itu didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Elemen-elemen berikut layaknya teks, gambar, suara, animasi, dan video. Multimedia merupakan suatu rencana dan teknologi baru bidang teknologi informasi, di mana Info di dalam wujud teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan di dalam computer untuk di simpan, diproses dan di sajikan baik secara liner mahupun interaktif.

Oleh itu, bersama memadukan seluruh elemen multimedia berikut menjadikan Info di dalam wujud multimedia yang bisa diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati wujud aslinya di dalam dunia sebenarnya. Multimedia enteraktif adalah kalau suatu aplikasi terdapat seluruh elemen multimedia yang tersedia dan pemakai user diberi keputusan atau kekuatan untuk mengawal dan memunculkan elemen-elemen tersebut. Ada apa saja Jenis–Jenis Multimedia yang bisa kita ketahui.

Inilah Jenis-Jenis Multimedia Yang Bisa Kita Lihat Secara Bersama

1. Multimedia Interaktif

Pengguna atau user secara penuh dapat mengontrol seputar apa dan kapan elemen multimedia bakal  dikirimkan atau di tampilkan.

Sebagai contoh game, aplikasi program, CD interaktif,  dan virtual reality.

Jenis Jenis Multimedia Interaktif

Ada beberapa style atau style multimedia interaktif yang digunakan untuk object pembelajaran, diantaranya tutorial, drill and practice, simulasi, instructional games, hybrid, socratic, inquiry dan informational.

2. Multimedia Hiperaktif

Jenis Multimedia Hiperaktif mempunyai susunan dengan dengan elemen – elemen mengenai yang dapat di arahkan oleh pengguna dengan dengan tautan link menuju elemen – elemen multimedia yang ada.

Richmedia merupakan arti yang di memakai untuk menyebut, Multimedia Hiperaktif.

Misalnya seperti Word wide web, Website, Mobile banking, Game online dan lain-lain.

3. Jenis Multimedia Linear

Multimedia Linear merupakan style multimedia yang berjalan lurus, multimedia seperti ini umumnya banyak kami temukan terhadap seluruh style film, Tutorial video, dan sebagainya.

Sedangkan untuk multimedia interaktif merupakan style multimedia interaksi, artinya suatu hubungan terhadap sarana dan pengguna sarana dengan dengan melalui perlindungan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya.

Interaksi multimedia seperti ini berjalan tanpa pemeriksaan navigasi dari penguna, Penyajian multimedia liner perlu berurutan atau sekussial dari awal sampai akhir.

4. Multimedia Presentasi Pembelajaran

Multimedia presentasi pembelajaran merupakan alat bantu bagi guru untuk sistem pembelajaran di kelas, tetapi tidak mengantikan peran guru secara keseluruhan dalam mengajar.

5. Multimedia Pembelajaran Mandiri

Multimedia pembelajaran berdiri sendiri merupakan suatu software yang dapat dimanfaatkan secara berdiri sendiri oleh siswa tanpa perlindungan guru.

Multimedia pembelajaran berdiri sendiri juga perlu dapat dalam mengkombinasikan explicit, knowledge, dan tacit information mempunyai kandungan fitur asemen untuk latihan ujian dan simulasi juga juga tahapan dalam pemecahan suatu masalah.

Contoh dari multimedia pembelajaran berdiri sendiri adalah, Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

6. Perangkat Multimedia

Multimedia kits merupakan suatu kumpulan materi atau pembelajaran yang meliputi lebih dari satu style sarana yang diorganisir di lebih kurang topik utama.

Didalamnya juga juga CD ROOM, KASET, AUDIO, GAMBAR DIAM, STUDY  CETAK, TRANSPARANSI OVERHEAD.

Tujuannya adalah untuk sistem presentasi di dalam kelas keunggulan: multimedia kits membakitkan sebab mereka multi sensorik.

Multimedia kits jadi maksime serta ideal sebagai sarana untuk merangsang kerja grup proyek kecil, kits mempunyai keunggulan tersendiri, yakni dapat di angkut dan digunakan di luar kelas (logiostik).

7. Multimedia Hypermedia

Ini merupakan perpanjangan dari Hipertex, yakni dokumen yang terdiri dari teks, audio, Info visual yang disimpan dalam komputer.

Contoh dari hypermedia yakni saat dalam suatu pembelajaran mengunakan link terhadap sebuah web.

8. Multimedia

Sistem pembelajaran interaktif merupakan sistem pengiriman atau perlindungan pelajaran yang direkam secara visual, nada dan bahan video yang di sajikan di bawah pemeriksaan komputer.

Tujuannya supaya tidak cuma menyaksikan dan mendengar suara, tetapi juga untuk membawa dampak tanggapan secara aktif dari siswa.

Keunggulan dari sistem ini yakni terdapatnya beberapa teks, audio, graif, gambar, diam dan seluruh gerak gambar dapat dikombinasikan supaya mudah di gunakan.

9. Multimedia Virtual Reality

Virtual reality atau dikenal juga dengan dengan realitas maya merupakan teknologi untuk pembelajaran yang sangat barangkali pengguna untuk dapat berinteraksi dalam suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer.

Entah itu suatu lingkungan yang sesungguhnya ditiru atau sangat suatu lingkungan yang cuma tersedia dalam imajinasi. 

Kesimpulan

Mungkin sekian penjelasan mengenai multimedia, semoga konten ini bisa menambah wawasan buat anda walaupun tidak seberapa banyak. Jika anda membutuhkan salah satu dari jenis multimedia di atas, anda bisa menghubungi pakarnya. Seperti Jasa Multimedia Terpercaya.

Rudyansah
"A lot of people say I am a crazy person, until finally they can see my success because of the results of my madness."

Form Balasan Cepat

Silahkan isi data dibawah ini, setelah form terisi, maka akan otomatis terinput di whatsapp agar mendapat jawaban dengan cepat dari team kami.

Terima Kasih, Anda akan langsung terintegrasi menuju whatsapp agar mendapat balasan dengan cepat :)
Jasa Multimedia