Tips Puasa Bagi Yang Mempunyai Penyakit Maag
Tips Puasa Bagi Yang Mempunyai Penyakit Maag/pixsabay.com

Tips Puasa Bagi Yang Mempunyai Penyakit Maag

Tips Puasa yang Sakit maag atau Dispepsia ialah istilah untuk sejumlah gejala tak nyaman pada perut komponen atas, seperti lambung perih, perut kenyang, begah, dan sensasi terbakar di ulu hati. Berjenis-jenis unsur dapat memicu kambuhnya sakit maag, termasuk pola makan yang tak teratur, mengkonsumsi makanan yang mengandung gas, stress, dan emosional.

Maag dibagi menjadi dua variasi yakni maag fungsional dan organik. Golongan ini dapat didapat sesudah penderita menjalankan pemeriksaan endoskopi (teropong saluran pencernaan atas).

Lazimnya, tips puasa penderita maag fungsional dibolehkan berpuasa, padahal pada penderita maag organik, puasa dapat memperberat kondisinya sekiranya tak dikerjakan penanganan yang bagus.

Penelitian menampakkan bahwa asam lambung meningkat di puncaknya di siang hari, sehingga kalian perlu memandang gejala dan pedoman yang muncul di dikala itu. Agama Islam tak memaksakan kalian berpuasa sekiranya tak cakap sehingga kalian dapat mengeksplorasi pilihan lain pantas kecakapan kalian.

Ini Dia Tips Dan Trik Puasa yang Mempunyai Penyakit Maag

Berpuasa selama bulan Ramadan memang dapat terasa berat bagi penderita sakit maag yang kerap kali direkomendasikan untuk tak melewatkan waktu makan. Tetapi, bukan berarti penderita sakit maag tak boleh berpuasa.

Sekiranya kalian mempunyai sakit maag, lakukanlah sebagian kiat berikut ini dikala berpuasa, supaya ibadah puasa kalian lancar.

  • Makan Dengan Cukup Saat Saur Dan Buka Puasa

Makan terlalu banyak dalam satu waktu bisa membikin lambung berprofesi lebih keras. Hal ini bisa memicu munculnya keluhan berupa perut kekenyangan dan terasa penuh. Karenanya dari itu, dikala sahur dan berbuka, makanlah dengan pelan dan dalam jumlah secukupnya. Hindari makan dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu.

Ketika berbuka, awali dengan mengkonsumsi makanan yang ringan dahulu, kemudian baru melanjutkan dengan makan besar. Bila kalian masih lapar sesudah berbuka, semisal sesudah salat tarawih, cukup konsumsi camilan ringan yang sehat, seperti pisang, granola, atau biskuit.

  •  Jangan Terburu Buru Pada Saat Makan

Selama menjalani ibadah puasa, kadang mungkin kalian telat bangun dikala sahur. Tapi kalian hatus ingat, jangan terburu-buru menghabiskan makanan. Kecuali itu, hindari makan sembari berdiskusi.

Kultur makan terlalu pesat, apalagi sambil berdiskusi, dapat membikin banyak udara masuk ke saluran cerna dan memicu sakit maag. Karenanya dari itu, usahakan untuk  bangun lebih pagi, supaya dapat bersantap sahur dengan hening dan pelan.

  • Hindari Makanan Yang Memicu Penyakit Maag

Sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan yang berpotensi memicu sakit maag, bagus ketika sahur ataupun berbuka. Misalnya merupakan makanan yang terlalu berlemak, makanan siap saji, seperti sosis dan pizza, acar, dan makanan yang terlalu asam.

Demikian juga dengan minuman, pilihlah minuman yang tak mengandung kafein dan soda, untuk menghindari munculnya keluhan sakit maag.

  • Pilih Menu Makanan Yang Pas

Dikala berbuka dan sahur, pilihlah sajian yang sesuai dikonsumsi pederita sakit maag seperti nasi dan oatmeal. Ragam karbohidrat yang terkandung dalam makanan ini bisa mengurangi risiko munculnya keluhan maag, sebab bisa meresap asam lambung berlebih.

Konsumsilah buah yang tak asam, seperti apel, pisang, dan pir; serta daging rendah lemak, seperti dada ayam dan ikan. Kecuali itu, direkomendasikan untuk memasak makanan dengan sistem dipanggang, dikukus, atau direbus. Sebaiknya jangan mengolah makanan dengan sistem menggoreng, supaya kadar minyak dalam makanan tak tinggi.

  • Hindarkan Tidur Setetelah Anda Makan

Sesudah sahur, kalian mungkin masih mengantuk dan berharap kembali tidur. Melainkan, sebaiknya jangan seketika tidur sesudah makan. Hal ini sebab seketika tidur sesudah makan juga dapat memicu sakit maag.

Melainkan kalau rasa kantuk tak tertahankan, kalian dapat tidur dengan posisi separuh duduk. Jadi, posisi kepala dan bahu konsisten lebih tinggi ketimbang perut. Caranya yaitu dengan menopang kepala dan bahu dengan tumpukan bantal. Posisi ini bisa mencegah makanan kembali ke kerongkongan.

Lihat Juga : Jasa Video Liputan

  • Kendalikan Emosional Anda

Ketika berpuasa, sebisa mungkin kendalikanlah emosional dan kelola stress yang kalian natural dengan metode yang positif. Hal ini sebab tujuan berpuasa bukan cuma untuk membendung rasa lapar, melainkan juga hawa nafsu, seperti emosional murka dan sedih. Kecuali berpahala, hal ini bisa menurunkan risiko munculnya keluhan sakit maag.

Caranya, beristirahatlah sebentar sekiranya kalian lelah, dan lakukan sejumlah teknik relaksasi, latihan pernafasan, atau yoga saat kalian merasa stres.

Kalau keluhan masih juga timbul padahal kalian sudah menggunakan kiat puasa bagi penderita sakit maag seperti yang sudah digambarkan di atas, sebaiknya kalian berkonsultasi dengan dokter untuk menerima penanganan yang pas.

Kesimpulan

Nah sekian kiat puasa untuk penderita maag yang dapat di ikuti supaya ibadah puasa konsisten lancar tanpa kuatir gelaja maag kumat. Dengan seperti itu, puasa Ramadan dapat dilalui sampai tuntas hingga menyambut lebaran.

Rudyansah
"A lot of people say I am a crazy person, until finally they can see my success because of the results of my madness."

Form Balasan Cepat

Silahkan isi data dibawah ini, setelah form terisi, maka akan otomatis terinput di whatsapp agar mendapat jawaban dengan cepat dari team kami.

Terima Kasih, Anda akan langsung terintegrasi menuju whatsapp agar mendapat balasan dengan cepat :)
Jasa Multimedia