4 Cara Mengatasi Halaman Web Tidak Tersedia

4 Cara Mengatasi Halaman Web Tidak Tersedia

Dalam dunia digital yang terus berkembang, halaman web adalah komponen penting dalam keberhasilan bisnis online. Namun, terkadang kita mengalami masalah saat mencoba mengakses halaman web tertentu. Salah satu masalah umum yang sering kita temui adalah “halaman web tidak tersedia” atau “page not found”. – 4 Cara Mengatasi Halaman

Hapus Cache DNS (Flush DNS)

Cache DNS adalah tempat penyimpanan sementara di komputer kita yang menyimpan informasi tentang alamat IP dari website yang pernah kita kunjungi sebelumnya.

Sayangnya, jika cache bermasalah, hal ini dapat mengakibatkan website tidak dapat di gunakan. Karena itu, harus terlebih dahulu menghapus DNS atau membersihkan DNS. Cara melakukannya di Windows :

  • Klik Start, lalu ketikkan CMD, dan klik Enter
  • Pada command prompt, ketik: ipconfig /flushdns
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan konfirmasi bahwa cache DNS telah berhasil di hapus.

Hapus Cache Browser

Cache browser adalah penyimpanan sementara yang di gunakan oleh browser untuk menyimpan salinan halaman web yang pernah kita kunjungi.

Meskipun berguna untuk mempercepat loading website, cache browser dapat mengakibatkan link atau website tidak bisa di akses. Jika ini terjadi maka kamu perlu menghapus cache, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu samping di pojok kanan atas Chrome
  • Pilih “Setting” dan kemudian “Clear Browsing Data”.
  • Pilih batas waktu (time) dan pilih “All times” untuk menghapus semua data dari awal
  • Klik Clear Data

Baca Juga : Memahami Marketing Funnel Tujuan dan Strateginya

Periksa Kembali Keamanan Website

Salah satu penyebab halaman web tidak tersedia selanjutnya yaitu serangan hacker. Menjaga keamanan website sangatlah penting untuk mencegah serangan hacker.

Oleh karena itu kamu wajib memeriksa dan meningkatkan keamanan website secara rutin. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan keamanan website :

  • Install plugin security. Website tanpa plugin dapat membahayakan. Ingat untuk install plugin security seperti iThemes Security dan Wordfence Security.
  • Install SSL. SSL adalah metode yang memastikan pertukaran data terenkripsi, sehingga menyulitkan hacker untuk membobolnya.
  • Lakukan update secara rutin. Pastikan untuk memperbarui tema, plugin, dan inti WordPress kamu secara teratur. Ini mencegah website kamu untuk di-hack.

Cek Status Server Website

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan jika halaman web masih tidak tersedia adalah dengan cek status server website.

Jika server sedang down, maka merupakan hal umum kalau website tersebut tidak akan bisa di akses. Umumnya akan ada tampilan seperti berikut :

4 Cara Mengatasi Halaman Web Tidak Tersedia
4 Cara Mengatasi Halaman Web Tidak Tersedia

Untuk mengetahui apa website sedang down atau tidak, kamu bisa mencoba memakai tools untuk cek website down. Jika memang sedang down, kamu harus menunggu beberapa saat sesuai estimasi yang di berikan atau menghubungi tim support untuk hal ini.

Jika anda membutuhkan Jasa Pembuatan Website, Anda bisa hubungi kami di sini atau klik bieproduction.com

One Response

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *