5 Tren Desain Web Populer Pada 2022

5 Tren Desain Web Populer Pada 2022

5 Tren Desain Web Populer Pada 2022-Seiring berjalannya waktu, para programer memvisualisasikan dan mendesain situs web dengan fokus yang lebih berpusat pada pengguna. Para programmer tersebut mendasarkan pemahaman UX yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Situs web sekarang perlu lebih mudah diakses, mudah dinavigasi, dan berjalan dengan cepat.

Karena masyarakat menghabiskan lebih banyak waktunya untuk online, tugas programmer sebagai pembuat web adalah melibatkan pengguna pada tingkat emosional. Dan juga membawa sentimen manusia ke dalam realitas buatan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk terus mengembangkan teknik kita di dunia kita yang terus berubah. Pada ulasan kali ini bieproduction akan membahas tren desain web teratas yang akan mendominasi dunia pembuatan web pada tahun 2022.

Berikut adalah 5 Tren Desain Web Populer Pada 2022

1. Inclusive Design Mania (As showcased by Ranboo Fashion)

5 Tren Desain Web Populer Pada 2022
Inclusive Design Mania

Desain inklusif memengaruhi setiap langkah proses desain situs web. Mulai dari pengambilan keputusan strategis terkait audiens target situs web, hingga nada suaranya, dan personalisasi. Serta menentukan bahasa grafis merek Anda untuk mengakomodasi semua jenis kelamin, sudut pandang, pengalaman, dan situasi.

Misalnya, gambar dan ilustrasi tujuan fungsional mulai lebih sering muncul di depan non-gender, menawarkan keragaman yang menyenangkan.

Selanjutnya, di bawah pengaruh dunia game, tahun depan pasti akan melihat internet dibanjiri dengan semakin banyak avatar, ilustrasi, dan karakter, identitas non-manusia karena internet menawarkan realitas alternatif  mempertanyakan inti dari apa adalah nyata.

Model yang ditampilkan Ranboo Fashion dalam video mereka agak cair, menyembunyikan wajah sehingga pemirsa tidak yakin dengan identitas model.

2. Scrollytelling (As showcased by Infrared Mind Body)

5 Tren Desain Web Populer Pada 2022
Scrollytelling

Efek visual ini berusaha untuk memikat penonton, menyajikan konten yang menarik kepada mereka di piring perak. Dan juga disebut sebagai “visualisasi naratif” — serangkaian elemen visual yang diurutkan bersama, diatur secara kronologis untuk menyampaikan pesan tertentu kepada pengunjung.

Sama seperti kemungkinan membaca buku dengan kecepatan Anda sendiri, situs web sekarang memungkinkan Anda untuk menavigasi dan mengontrol aliran mereka dengan cara yang dipersonalisasi dengan memahami bahwa setiap pengguna berbeda dan menyajikan pesan dengan cara yang menarik.

Infrared Mind Body dari Texas, AS, menampilkan gambar dan teks besar yang muncul melalui berbagai animasi yang menonjolkan proposisi nilainya. Close-up besar, gambar remang-remang, tipografi skala besar, serta transisi yang lembut dan halus, menciptakan suasana sauna dengan cara yang bersih dan canggih.

3. Brutalist Typography (As showcased by Zona de Propulsão)

5 Tren Desain Web Populer Pada 2022
Brutalist Typography

Jika Anda adalah tipe (permainan kata yang sepenuhnya dimaksudkan) untuk melakukan sesuatu yang lebih berani, Anda harus mempertimbangkan tren ini dengan kekasaran dan dominasinya yang membuat situs web menonjol bahkan ketika menggunakan berbagai elemen yang terbatas.

Tipografi Brutalis dapat dilihat sebagai reaksi terhadap ringan, optimisme, dan minimalis dari desain web saat ini. Gaya kasar tanpa penyesalan yang kontras dengan konvensi modern yang lebih halus.

Menggunakan tipografi untuk membuat kisi dinamis, huruf sebagai blok penyusun untuk segmen, bagian, tajuk, dan paragraf, atau hanya cara untuk menjadi liar di seluruh situs web — Tipografi Brutalis memberi situs web getaran metropolitan.

Zona de Propulso adalah one-pager untuk pusat inovasi teknologi. Tipe raksasa jelas merupakan titik awal dari identitas ini, membangun suasana festival seperti perkotaan. Perancang ingin membuat informasi yang tersedia untuk semua orang dan menyajikan pengetahuan teknologi dengan cara yang lebih mudah diakses.

4. Typography Animation / Kinetic Typography (As showcased by Dilinger)

5 Tren Desain Web Populer Pada 2022
Typography Animation / Kinetic Typography

Tambahan yang bagus untuk tren sebelumnya adalah Tipografi Kinetik yang berkembang pesat dengan teknik baru di tangan. Saat ini, praktik ini banyak digunakan oleh desainer web dalam berbagai bentuk. Dulu tujuan pertama untuk menceritakan sebuah cerita adalah menjiwai karakter, tetapi sekarang tipografi adalah permainan bola yang sama sekali baru.

Memindahkan teks dapat menarik perhatian, membentuk nada, menyorot segmen penting, dan memandu mata pengguna menelusuri halaman. Ini adalah tren yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960-an ketika film layar lebar mulai menggunakan judul pembuka animasi alih-alih teks statis.

Di situs web Dilinger, sebuah perusahaan Produksi Film yang berbasis di Paris, seluruh situs web itu sendiri adalah menu, dengan bantuan font dinamis yang berubah sesuai saat opsi pada menu dipilih. Transisi tipografi membantu menavigasi situs web dan membuat kisi yang berbeda setiap kali.

Di tahun-tahun mendatang, kita akan melihat lebih banyak eksplorasi kinetik tipografi yang berfungsi sebagai fungsi daripada dekorasi saja.

5. Delight (As showcased by Airbnb)

5 Tren Desain Web Populer Pada 2022
Delight

Kenikmatan telah menjadi inti dari pengalaman pengguna yang baik, dengan pengguna saat ini mengharapkannya dalam salah satu dari dua bentuknya — kenikmatan permukaan dan kenikmatan mendalam.

Kesenangan permukaan termasuk animasi, transisi taktil atau gerakan, mikrokopi, gambar, dan suara. Sementara itu, kesenangan mendalam terlihat untuk memastikan semua kebutuhan pengguna terpenuhi, termasuk fungsionalitas, keandalan, kegunaan, dan kesenangan. Kemungkinan pengguna kembali yang puas merekomendasikan produk atau layanan meningkat jika pengguna mengalami kesenangan yang mendalam.

Sementara kesenangan permukaan luar biasa dan efektif, desain web telah mencapai titik di mana itu tidak cukup dengan sendirinya. Dengan pemahaman kami saat ini tentang kebutuhan dan kebiasaan pengguna, kesenangan mendalam yang sebenarnya adalah kesenangan yang sehat di seluruh situs web. Itu tidak hanya memicu kesenangan sesaat tetapi menambah kegunaan, keandalan, dan fungsi situs.

Airbnb adalah contoh bagus dari situs web yang menawarkan pengalaman menyenangkan di seluruh perjalanan pengguna. Fitur seperti menandai tag peta yang telah dilihat pengguna tidak hanya menyenangkan tetapi juga fungsional dan membantu pengguna bergerak lebih cepat melalui sejumlah besar opsi yang sering muncul di layar mereka sekaligus.

Tapi itu hanya satu contoh. Pedoman properti yang ketat Airbnb memegang tuan rumah mereka (seperti gambar yang mereka posting, standar kebersihan, dan pembayaran dan biaya) menjanjikan standar yang tinggi bagi pengguna dan rasa aman dan kepercayaan yang menyenangkan dan menenangkan di setiap langkah.

Rangkuman

5 Tren Desain Web Populer Pada 2022-Menerapkan teknologi Virtual Reality, Augmented Reality, dan Artificial Intelligence akan segera menjadi pertimbangan penting bagi desainer web. Untuk saat ini, teknologi ini menemukan diri mereka membuat kemajuan yang stabil pada aplikasi seluler, namun terjun mereka ke dunia situs web hanyalah masalah “kapan” bukan “jika”.

Akhirnya, jika kita ingin desain kita sesuai dengan tujuannya, kita perlu mengkritik pekerjaan kita dengan jujur. Mendasarkan pilihan kita pada apa yang sesuai dengan persona pengguna kita dan jenis situs web yang kita desain.

One Response

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *