Alasan Advertising Photography Dapat Mengubah Strategi Bisnis Anda!

Alasan Advertising Photography Dapat Mengubah Strategi Bisnis Anda!

Iklan (Advertising Photography) merupakan pengambilan gambar yang diambil untuk keperluan memasarkan sebuah produk atau jasa. Foto Advertising Photography dibuat dengan tujuan untuk memasarkan sebuah produk. – Alasan Advertising Photography

Iklan berada di televisi, media digital, maupun iklan yang dipasang dipinggir jalan dan tidak terlepas dari adanya peran fotografi didalamnya. Iklan membawa banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Contohnya, untuk memberitahukan berita, mengucapkan rasa sukacita dan belasungkawa, mempromosikan suatu produk atau jasa, dan sebagai sarana untuk berpolitik. Foto yang dibuat sesuai dengan teknik-teknik fotografi yang benar dan baik. Akan menghasilkan gambar yang bagus, Juga dapat memunculkan keinginan untuk membeli bagiaudiens yang melihatnya. Iklan tersebut bertujuan untuk memasarkan suatu produk dan jasa yang telah dibuat pebisnis.

Alasan Advertising Photography Dapat Mengubah Strategi Bisnis Anda!
Alasan Advertising Photography Dapat Mengubah Strategi Bisnis Anda!

Bertujuan persuasif atau mengajak masyarakat untuk mengikuti pesan si pembuat iklan tersebut. Fotografi iklan berfungsi untuk menyampaikan ide atau ilusi pembuat. Fotografi iklan dapat mencakupan yang sangat luas. Semua objek dapat dijadikan karya foto yang memiliki bernilai jual yang tinggi.

Sehingga, setiap fotografer harus memiliki bekal atau dasar pengetahuan fotografi yang luas terhadap hal yang 5W+1H (what, who, when, why, where + how). Berkaitan dengan peralatan diantaranya sebagai berikut, perangkat pemotretan, aksesoris pendukung, perangkat lighting, manajemen dan wawasan untuk mendukung kreatifitas dan kelancaran kerja.

Fotografi iklan harus memiliki konsep dan desain yang sudah dirancang matang. Karena, foto adalah bagian terpenting dalam sebuah pemotretan. Konsep Fotografi iklan dapat bersifat Hard selling (secara langsung) dan Soft selling menjual produk tapi tidak dapat melihatnya langsung.

Baca juga : Still Life Photography Mampu Membuat Objek Mati Menjadi Hidup!

Biasanya, yang dijual adalah sebuah visualisasi di dunia fotografi komersial (still life, table top, background table, product shot dan pack shot semuanya teknik tersebut mempunyai satu kesamaan). Fotografi iklan yang bertujuan untuk penggambaran komoditas, berguna memenuhi keinginan konsumen dalam mengiklankan bentuk usahanya.

Tugas Fotografer

Tugas Fotografer iklan adalah mengambil objek dengan konsep, aspek, teknis dan estetika yang dimiliki suatu objek tersebut untuk dijadikan iklan. Sehingga foto tersebut ternilai harga jualnya dan menarik audiens yang melihatnya menjadi berminat. Beberapa hukum foto komersial dalam kebutuhan periklanan, yaitu semakin besar ukuran sensor (ukuran film pada fotografi analog) maka, foto yang dihasilkan akan semakin baik.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan iklan Advertising Photography

– Jenis kamera

– Ukuran lensa

– Luas studio

– Lighting system

– Pemahaman teknis fotografi dan lighting

– Fidelity (hight light dan shadows)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *