Apa Itu Google Ads Dan Apa Saja Manfaat Dari Google Ads
Apa Itu Google Ads Dan Apa Saja Manfaat Dari Google Ads/bieproduction.com

Apa Itu Google Ads Dan Apa Saja Manfaat Dari Google Ads

Apa Itu Google Ads? Para marketer dihadapkan oleh beragam platform untuk menunjang kegiatan content marketing yang dijalankan. Ada bermacam-macam tujuan dari Google Ads, salah satunya mulai menarik arus pengunjung ke situs perusahaan, hingga meningkatkan penghasilan bisnis. Dan salah satu tools yang sering digunakan untuk mendukung apapun tujuan pemasaran digital yang disasar adalah Google Ads.

Hasilnya, ada beberpa yang sudah menceritakan sukses dari pemanfaatan Google Ads. Salah satu yang manfaat yang disebut di Google Economic Impact adalah, rata-rata hamper semua bisnis yang mengeluarkan 1 dolar AS untuk Google Ads, mendapatkan 2 dolar AS pemasukan pada bisnis tersebut.

Sebelum kita mulai apa saj manfaat yang dapat kita simpulkan dari Google Ads, mari kita bahas terlebih dahulu tentang Apa Itu Google Ads.

Apa Itu Google Ads

Google Adwords adalah salah satu program periklanan yang memungkinkan Anda sebagai pengiklan untuk memunculkan informasi dan tautan ke situs Anda pada halaman dalam hasil pencarian di Google. Contohnya, seperti pada gambar di bawah ini:

Dengan hasil pencarian kecil bertuliskan Ad itu adalah salah satu contoh Google Ads. Iklan ini akan muncul di bagian atas dalam hasil pencarian, atau pada area bawah.

Untuk itu, kita bisa menentukan penempatan iklan berdasarkan keyword kata atau frasa kunci tertentu, waktu, ataupun lokasi. Masalah mengenai soal biaya, Google menentukan tipe pay-per-click atau PPC; artinya, kita membayar sesuai dengan harga dan jumlah klik terhadap iklan tersebut. Contohnya, jika kalian beriklan dengan memiliki dana 500 ribu rupiah untuk per hari, dengan tarif per klik Rp1.000. Maka, jika kita mendapatkan 500 klik, dana iklan kalian habis terpakai.

Lalu apa saja manfaat yang akan kalian dapatkan jika menggunakan layanan ini? mari kita lihat :

Manfaat Google Ads Yang Akan Kamu Dapatkan

Menarik minat kelompok audiens dengan ketertarikan yang spesifik

Program iklan ini cukup bisa diandalkan untuk menarik prospek leads yang potensial menjadi konsumen Anda. Karena, jika kita akan mengatur semua perencanaan dan eksekusi campaign secara tepat di Google Ads, tentu saja kita akan mendapatkan suatu reaksi yang diharapkan dari sasaran target audiens.

Salah satu caranya yaitu dengan menentukan keyword yang spesifik, menarik yang akan membuat banyak orang ingin mengklik iklan tersebut, berpeluang besar, memang membutuhkan jasa atau produk yang ditawarkan. Contohnya, seperti jika ada yang mencari keyword “Jasa Video Company Profile“, kemungkinan besar ia memang sedang mencari barang tersebut. Untuk itu, begini tampilan Google Ads yang muncul:

Memahami Google Ads dan Manfaatnya untuk Mendukung Pemasaran

Maka dari itu kamu haurs mengoptimalkan dan menentukan keyword atau kata kunci yang ingin Anda gunakan terhadap iklan Anda di Google Ads nant. Dengan demikian peluang yang akan Anda harapkan akan menarik kelompok audiens yang tepat secara lebih besar.

Program periklanan yang fleksibel

Selain itu, program ini juga bisa mulai digunakan oleh pebisnis rintisan startup, sampai perusahaan berkembang maupun besar. Alasannya, Google Ads kompatibel dengan platform-platfrom pemasaran lainnya, atau software yang seringkali digunakan pada umumnya untuk pekerjaan sehari-hari. Misalnya, kita bisa mengunduh suatu data campaign yang akan dijalankan, dan menganalisanya dengan software seperti Microsoft Excel.

Fleksibilitas layanan ini juga dari sisi biaya, karena kita bisa mengelola budget iklan dalam hitungan hari, dan juga bisa membatasi jumlah yang mau dikeluarkan pada satu keyword spesifik. Dengan demikian, arus yang akan kamu dapatkan akan lebih mudah untuk dikendalikan, dan bisa kita kelola untuk mencapai hasil maksimal dan efisien, dan tentunya mencapai tujuan pemasaran yang diharapkan.

Mudah memperhitungkan Return On Investment ROI dan mengoptimalkannya dari waktu ke waktu

Ingin mencapai ROI dengan semaksimal mungkin  menjadi salah satu tantangan yang paling utama di dalam halnya digital marketing. Namun dengan adanya  presentasi data yang sudah disediakan oleh Google Ads, yang mudah dipahami dan mudah di diolah untuk bisa kamu kembangkan dengan seiring berjalannya waktu, dan mencapai tujuan pemasaran; ROI maksimal, relative akan lebih mudah tercapai tujuan.

Untuk itu pantau terus Google Ads dan tingkatkan salah satu percobaan untuk mendapatkan hasil paling yang optimal. Jangan lupa kamu harus selalu amati campaign yang mana paling mencatat ROI terbagus, dan hentikan atau hapus campaign yang kita perhitungkan kurang menguntungkan. Dengan demikian budget yang anda keluarkan akan lebih efisien dan bisa digunakan untuk campaign berikutnya.

Lebih mudah memahami sasaran audiens yang dihadapi

Data, tidak diragukan lagi, adalah salah satu elemen penting dalam kegiatan marketing. Termasuk tentunya, data tentang konsumen yang kita sasar. Semakin kita akans memahami apa yang mereka inginkan, atau butuhkan, semakin tepat untuk menentukan pesan yang ingin kita sampaikan dan bisa mempengaruhi daya beli mereka terhadap produk yang sudah di tawarkan.

Soal informasi mengenai minat  atau tidak audiens ini, bisa saja kita jaring datanya dari kuesioner atau interview. Persoalannya, proses itu bisa memakan waktu yang sangat lama untuk mengolah dan memahami informasinya.

Sementara dengan adanya Google Ads, kita bisa dengan mudah untuk memahami atau memetakan kebiasaan audiens yang kita sasar. Proses optimalisasi dari keyword yang sudah kamu tentukan bisa mendeteksi lokasi, waktu yang paling sering mereka gunakan untuk mengonsumsi konten, sampai berbagai informasi berharga lain tentang bagaimana calon konsumen yang bisa membantu kita untuk memaksimalkan kegiatan pemasaran digital di dunia online.

Baca Juga : Mengapa Harus Memiliki Website Yang Mobile Friendly

Dengan informasi ini, kamu bisa terus membuat campaign yang lebih baik dan sesuai kebutuhan dari target konsumen kamu.

Lalu bagaimana cara iklan di Google Ads?

Kami akan memberikan bagaimana cara melakukan iklan di Google Ads?

Bagaimana Cara Iklan Di Google Ads

Buka Google Ads dalam pencarian Google

Klik mulai sekarang

Masukan tujuan campaign

Google menyediakan beberapa tujuan campaign untuk bisnis kamu, seperti meningkatkan penjualan produk, jumlah klien, website traffic, product and brand consideration, brand awareness and reach, dan mempromosikan sebuah aplikasi.

Misalnya disini saya memilih tujuan iklan untuk meningkatkan jumlah trafik pada website (website traffic). Atau mungkin kalian ingin berbeda dengan iklan kami? Silahkan.

Pilih jenis tampilan Google Ads dan klik “continue”

Ada 5 jenis tampilan yang ada pada Google Ads yang bisa kamu gunakan salah satunya :

  • Search Ads: Jenis iklan yang muncul ketika seorang user melakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) tertentu.
  • Display Ads: Jenis iklan yang muncul di website tertentu berdasarkan berbagai faktor seperti kata kunci, lokasi geografis, atau minat audiens.
  • Shopping Ads: ini salah satu jenis iklan yang sudah banyak menyediakan berbagai informasi tentang produk seperti gambar produk, harga, serta nama penjual.
  • Video Ads: Jenis iklan yang berupa video dan biasanya akan muncul ketika kamu membuka sebuah video di Youtube.
  • Universal APP Campaign: Jenis iklan yang digunakan untuk mempromosikan sebuah aplikasi. 

Tinggal pilih saja salah satu jenis tampilan iklan yang mana yang sesuai dengan tujuan iklan atau bisnis kamu. Misalnya disini saya akan memilih salah satunya Search Ads karena tujuan iklan yang saya buat yaitu untuk meningkatkan trafik pada website yang saya miliki. jangan lupa untuk memasukkan nama website kamu terlebih dahulu sebelum mengklik tombol “continue”.

Pilih target lokasi yang dan Bahasa yang akan digunakan

Tentukan target audiens

Google sudah menyediakan fitur untuk menentukan target audiens yang sesuai dengan bisnis yang kamu miliki.

Tentukan Anggaran harian

Tentukan anggaran harian maksimal yang ingin kamu keluarkan setiap hari isi nominal tanpa titik. Anggaran harian ini sangat tergantung dari biaya per klik  dan per kata kunci dan jumlah klik yang di dapat dalam satu harinya.

Jika kamu akan memilih banyak kata kunci yang kompetitif. maka tentu saja biaya per kliknya akan semakin mahal dengan jumlah pencarian yang lebih banyak pada setiap harinya. Untuk awal-awal bisa dimulai dengan menggunakan anggaran yang lebih sedikit saja, kamu bisa merubahnya jika dirasa kurang atau terlalu banyak di hari berikutnya setelah melihat kinerja iklan yang kamu buat.

Tentukan bidding

Bidding adalah salah satu biaya yang akan kamu keluarkan atau harga sekali klik pada iklan bisnismu dalam hasil pencarian.

Ada dua pilihan disini:

Pertama, kamu akan mempercayakan Google untuk menentukan sendiri berapa nilai per klik dalam jangka pendek. Sistemnya dengan melihat tingkat kompetisi, berapa jumlah pengiklan dengan kategori yang sama dengan bisnismu. Seperti wilayah jangkauan yang luas dan kata kunci yang beragam.

Kedua, kamu bisa mengisi data dengan sendiri berapa nominal yang ingin kamu bayarkan untuk per klik. Jika kamu mengisi jumlah anggaran dengan nominal yang terlalu rendah, iklan kamu mungkin tidak akan muncul dalam hasil pencarian. Dan jika anggaran yang kamu gunakan terlalu tinggi, kemungkinan besar kamu akan cepat kehabisan anggaran untuk hitungan harian saja. Dikarenakan,  kamu mengluarkan anggaran terlalu mahal.

Untuk lebih aman dan flexsibel, biarkan saja Google Ads yang menentukan sendiri berapa nilai per klik dengan anggaran yang ingin kamu gunakan saat ini.

Tambahkn informasi lain dengan bisnis kamu

Jika kamu ingin meningkatkan lebih banyak jumlah klik dari iklan sebelumnya, seperti media sosial yang digunakan, nomor telepon, atau  lokasi perusahaan. Kemudian klik “Save and Continue”.

Masukan kata kunci yang kamu gunakan

Buat tampilan iklan

Siapkan detail penagihan

Ini adalah Langkah yang terakhir jika kamu ingin iklan di Google Ads.

Kesimpulan

Setelah semuanya sudah selesai, iklan kamu akan tayang dan di setujui oleh pihak Google Ads. Mungkin sampai ini saja yang bisa kami ulaskan mengenai Apa Itu Google Ads dan apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu menggunakan Jasa Iklan Ads dari bieproduction.com

Rudyansah
"A lot of people say I am a crazy person, until finally they can see my success because of the results of my madness."

Form Balasan Cepat

Silahkan isi data dibawah ini, setelah form terisi, maka akan otomatis terinput di whatsapp agar mendapat jawaban dengan cepat dari team kami.

Terima Kasih, Anda akan langsung terintegrasi menuju whatsapp agar mendapat balasan dengan cepat :)
Jasa Multimedia