Apa itu Lead yang Berkualitas?

Apa itu Lead yang Berkualitas?

Apa itu Lead yang Berkualitas? – Jika Anda seorang pemilik usaha kecil, kemungkinan besar Anda mungkin melakukan beberapa penjualan dan pemasaran sendiri. Atau mungkin Anda memiliki tim kecil dengan Anda. Apa pun itu, gagasan tentang apa yang memenuhi syarat sebagai petunjuk bagi satu orang mungkin belum tentu menjadi petunjuk bagi orang lain.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menentukan cara menangani berbagai jenis prospek.

Apa itu Lead?

Lead adalah seseorang yang berpotensi menjadi klien. Tetapi apa yang dimaksud dengan prospek, dan bagaimana kita dapat membedakan antara prospek berdasarkan seberapa besar kemungkinannya menghasilkan penjualan?

Apakah ada orang yang berinteraksi dengan bisnis Anda sebagai pemimpin?

Tentu saja tidak. Untuk diklasifikasikan sebagai lead, calon pembeli harus rela dan bebas memberikan informasi kepada Anda, seperti nomor kontak atau alamat email.

Baca juga : 3 Cara Pemasaran Efektif Agar Pelanggan Lebih Tertarik

Apa itu Lead yang Berkualitas?

Dalam pengaturan B2B, prospek biasanya melalui proses kualifikasi prospek. Ada beberapa langkah:

  • Unqualified Lead: siapa saja yang dengan sukarela memberikan informasi kepada organisasi
  • Marketing Qualified Lead: tim pemasaran telah menyaring mereka yang dapat dipasarkan dan dapat meneruskannya ke tim penjualan
  • Prospek Berkualitas Penjualan: tim penjualan telah menerima bahwa prospek ini dapat dijual ke

Memindahkan lead ke tahap proses selanjutnya tergantung pada dua hal:

  • Relevansinya dengan target pasar atau pelanggan ideal Anda
  • Tingkat niat mereka

Relevansi dengan target pasar atau pelanggan ideal Anda mengajukan pertanyaan ‘seberapa memenuhi syarat mereka untuk membeli dari Anda, berdasarkan masalah yang dipecahkan produk/layanan Anda?’

Dengan menambahkan relevansi ke target pemasaran atau pelanggan ideal Anda bersama dengan tingkat niat mereka, kami dapat menentukan seberapa panas atau berkualitas suatu prospek.

Jenis Prospek

Mari bekerja dalam urutan kronologis untuk mengetahui berbagai jenis prospek secara mendalam.

Prospek Tanpa Kualifikasi

Katakanlah seseorang datang ke situs web Anda dari iklan Facebook, dan mereka mengisi formulir untuk meminta panggilan balik. Jika Anda telah mengatur iklan Anda dengan benar, Facebook akan memberi tahu Anda bahwa Anda baru saja mendapatkan prospek baru — tapi tunggu!

Prospek yang tidak memenuhi syarat tidak berarti apa-apa sampai dikualifikasikan oleh tim Anda.

Ada banyak alasan berbeda mengapa seseorang mengisi formulir di situs web Anda, seperti kata sandi yang hilang, asumsi yang salah tentang layanan yang Anda tawarkan, atau kesalahan.

Jika prospek relevan dengan target pasar Anda dan telah menunjukkan niat untuk mempelajari lebih lanjut tentang layanan Anda, prospek tersebut dapat melanjutkan ke tahap berikutnya dari proses prospek.

Pemimpin Berkualitas Pemasaran

Prospek pemasaran yang memenuhi syarat adalah prospek yang tertarik melalui upaya pemasaran, dan dikualifikasikan oleh tim pemasaran.

Setelah memenuhi syarat memimpin, adalah tugas tim pemasaran untuk mengubah keingintahuan pemimpin ini menjadi tindakan, yaitu membuat mereka mempertimbangkan untuk membeli dari bisnis.

Tujuannya adalah untuk mengubah prospek yang memenuhi syarat pemasaran menjadi prospek yang memenuhi syarat penjualan.

Lead Berkualitas Penjualan

Setelah prospek menunjukkan minat untuk membeli, mereka dapat diteruskan ke tim penjualan.

Sama seperti prospek yang memenuhi syarat pemasaran ditentukan oleh apakah prospek tersebut ingin tahu lebih banyak, prospek yang memenuhi syarat penjualan ditentukan oleh apakah mereka ingin membeli.

Beralih dari Prospek ke Penjualan

Setelah diteruskan ke tim penjualan, prospek akan bergerak melalui jalur (yaitu proses mana pun yang diputuskan untuk diikuti oleh tim penjualan) hingga mereka mencapai penjualan atau kesepakatan yang hilang.

Proses kualifikasi pemimpin penting karena melalui begitu banyak proses dan/atau anggota tim yang berbeda. Saat menentukan konversi tim penjualan Anda, penting untuk mempertimbangkan apa yang merupakan prospek yang memenuhi syarat penjualan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *