Apakah antivirus benar-benar diperlukan di 2022?

Apakah antivirus benar-benar diperlukan di 2022?

Apakah antivirus benar-benar diperlukan di 2022?-Sistem operasi Windows, Android, iOS, dan Mac semuanya memiliki perlindungan keamanan yang layak, jadi apakah antivirus masih diperlukan di tahun 2022? Jawabannya adalah YA!

Program antivirus terbaik di pasar menawarkan perlindungan 100% dari ancaman dunia maya tingkat lanjut hal-hal seperti peretasan jaringan, situs web phishing, pencurian keuangan, dan ya, bahkan “virus” komputer tradisional. Beberapa dari mereka bahkan dapat mencegah pencurian identitas.

Tetapi tidak semua perangkat lunak antivirus dibuat sama. Beberapa dibuat dengan buruk, sering kali meninggalkan lubang besar di pertahanan siber seseorang. Yang lain diam-diam mengumpulkan data (seperti ini). Tetapi program antivirus yang baik akan memastikan bahwa Anda dan perangkat Anda aman.

Beberapa orang mengklaim bahwa Anda dapat tetap aman dari malware hanya dengan mengambil tindakan pencegahan saat menggunakan internet. Meskipun ada banyak tindakan pencegahan penting yang harus Anda ambil, kenyataannya Anda memerlukan perangkat lunak antivirus berkualitas untuk tetap 100% aman saat online.

Bagaimana program antivirus melindungi komputer ?

Apakah antivirus benar-benar diperlukan di 2022?– Pemindai antivirus menggunakan berbagai metode untuk mengidentifikasi malware sebelum dapat membuat perubahan apa pun ke komputer Anda.

Malware mencoba menyembunyikan dirinya dalam file yang tampaknya tidak berbahaya, seperti film, mp3, file program, dan gambar. Tidak mungkin untuk mengetahui dari melihat file yang berisi malware tersembunyi itulah sebabnya antivirus berkualitas tinggi sangat penting.

Ada beberapa metode yang digunakan oleh pemindai antivirus untuk mendeteksi malware:

  • Malware database. Ini adalah metode paling umum yang digunakan oleh pemindai virus bawaan seperti Windows Defender dan Apple File Quarantine. Basis data malware berisi ribuan jenis malware yang diketahui, dan sering diperbarui sehingga pemindai dapat mengidentifikasi ancaman terbaru.
  • Heuristics. Virus dapat dienkripsi atau diubah untuk menipu alat database malware. Pemindai berbasis heuristik membuat asumsi logis, menganalisis file yang tampaknya aman untuk membuka kedok malware terenkripsi.
  • Sandboxing. Sandboxing adalah lingkungan virtual buatan file apa pun yang berjalan di sandbox tidak dapat memengaruhi file sistem di luar sandbox. Setiap perubahan yang coba dihilangkan oleh malware saat sandbox ditutup.
  • Machine learning. Behavior analysis dan machine learning adalah alat pendeteksi ancaman terbaru, yang mampu mendeteksi ancaman zero-day berdasarkan perilaku ancaman saja. Hanya beberapa antivirus terbaik yang menawarkan machine learning sejati di mesin antivirus mereka.

Mengapa program antivirus datang dengan begitu banyak fitur tambahan?

Apakah antivirus benar-benar diperlukan di 2022?– Menjaga keamanan aktivitas online, kata sandi, penyimpanan cloud, dan informasi keuangan Anda sama pentingnya dengan menghindari infeksi malware. Hanya karena komputer Anda aman dari malware tidak berarti Anda aman saat online. Itu sebabnya program antivirus menawarkan fitur keamanan internet tambahan seperti:

  • Firewall -> untuk memantau lalu lintas jaringan dan mencegah proses invasif memasuki jaringan.
  • Perlindungan web -> untuk menganalisis situs web dari perilaku tidak aman dan memblokir situs phishing yang diketahui.
  • Pengelola kata sandi -> untuk membuat, menyimpan, dan mengisi otomatis kata sandi aman.
  • Jaringan pribadi virtual (VPN) -> untuk menyembunyikan alamat IP untuk penjelajahan dan pengunduhan pribadi.
  • Kontrol orang tua -> untuk memblokir konten yang tidak pantas, membatasi penggunaan perangkat dan aplikasi, dan melacak lokasi di perangkat anak-anak.
  • Alat pembersihan sistem -> untuk menghilangkan file sampah, bloatware, dan PUP (program yang mungkin tidak diinginkan).
  • Penyimpanan terenkripsi -> untuk menjaga data 100% aman menggunakan enkripsi data tingkat militer.
  • Perlindungan identitas -> untuk memberikan peringatan waktu nyata jika informasi atau identitas Anda berisiko dicuri.

Mengapa antivirus pihak ketiga lebih baik daripada pertahanan internal sistem operasi ?

Setiap sistem operasi memiliki perlindungan malware bawaan dan semuanya cukup baik. Sayangnya, semua sistem operasi utama memiliki kerentanan besar, itulah sebabnya saya menyarankan semua orang bahkan pengguna Mac harus menggunakan perangkat lunak antivirus.

  • Windows . Windows adalah sistem operasi yang paling sering diretas di dunia. Meskipun Windows telah melakukan lebih banyak upaya ke dalam Windows Defender dalam beberapa hari terakhir, itu tidak cukup sering diperbarui, dan tidak menggunakan heuristik atau pembelajaran mesin apa pun untuk mendeteksi ancaman baru.
  • macOS. Banyak pengguna Mac mendapat kesan bahwa komputer mereka benar-benar tahan virus. Fitur Karantina File Mac memang merupakan pemindai virus yang baik, dengan virus baru ditambahkan ke basis datanya setiap hari tetapi tidak baik terhadap ancaman zero-day, dan sering gagal mengenali adware dan spyware. Misalnya, jutaan pengguna Mac terinfeksi spyware Shlayer, yang mengumpulkan data penelusuran dan memasukkan produk afiliasi ke dalam penelusuran yang disarankan pengguna.
  • Android. Android adalah sistem operasi seluler yang paling banyak digunakan di dunia, dan perangkat Android adalah target besar bagi peretas. Google Play Protect adalah pemindai bawaan di setiap perangkat Android ia melakukan pekerjaan yang cukup baik, tetapi tidak menawarkan perlindungan yang baik terhadap ransomware, spyware, atau phishing. Misalnya, jutaan Android terinfeksi ransomware Locker, menyebabkan setiap pengguna kehilangan ribuan dolar hanya untuk mendapatkan kembali data mereka.
  • iOS. Karena protokol pengembang yang ketat di sekitar App Store serta sandbox asli iOS, pada dasarnya tidak mungkin untuk mendapatkan virus di perangkat iOS. Namun, pengguna iOS rentan terhadap situs phishing dan jaringan Wi-Fi berbahaya, serta aplikasi tidak etis yang melacak data pengguna. Aplikasi keamanan siber untuk iOS dapat melindungi penggunaan perangkat, dan yang terbaik juga dilengkapi dengan fitur anti-pencurian yang canggih.

Rangkuman

Apa pun perangkat yang Anda gunakan, ada risiko signifikan untuk online tanpa perlindungan keamanan internet yang tepat. Perangkat Anda, informasi keuangan Anda, dan identitas online Anda semuanya dapat disusupi oleh peretas.

Pilihlah antivirus yang berlisensi dan tidak illegal, agar aman berada di di perangkat anda. cukup sekian dari bieproduction semoga bermanfaat. Kami menawarkan jasa multimedia yang mungkin dapat membantu menaikan branding suatu perusahaan. Diantaranya adalah jasa video company profile, jasa digital marketing, jasa video animasi dan lainnya.

One Response

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *