Jasa Multimedia | Jasa Video Partner

Berapa Harga Pembuatan Video Company Profile ?

Berapa Harga Pembuatan Video Company Profile ?-Video company profile adalah salah satu hal penting yang harus di miliki oleh setiap perusahaan. Baik itu perusahaan kecil, menengah atau perusahaan besar. Banyak perusahaan tersebut berlomba-lomba membuat video company profilenya semenarik, sekreatif dan seupdate mungkin.

Mengapa demikian, karena dengan video company profile membuat para audiens (pelanggan potensial atau calon investor) akan mengetahui perkembangan serta melihat potensi bisnis. Sehingga para calon konsumen atau investor tertarik untuk bekerja sama dengan bisnis yang perusahaan tersebut jalankan.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, berapa harga pembuatan video company profile? Apa saja faktor yang menentukan harganya? Jangan hawatir, langsung saja kita simak penjelasan dari CEO PT. BIE MULTI KREASI (Bie Production) yang merupakan salah satu vendor atau jasa pembuatan video company profile terbaik.

Dalam wawancara dengan media, Hembang Nugraha (35 th) selaku sutradara dan CEO dari rumah produksi Bie Production. Beliau menyampaikan apa saja faktor-faktor yang menentukan harga pembuatan video company profile.

Berikut adalah penjelasan dari Hembang Nugraha mengenai harga pembuatan video company profile

Konsep Video

Konsep video biasanya meliputi gagasan/ide carita dari penulis sekenario. Yang dapat mendeskripsikan proses pembuatan video company profile dari hulu ke hlir.

Hembang berpendapat bahwa, Di era digital seperti sekarang ini banyak ide kreatif yang berkembang diluar dari konsep Video Company Profile pada umumnya.

” Konsep Video Company Profile pada umumnya adalah menyampaikan pesan tentang sejarah perusahaan / Milestone , Struktur Perusahaan , Misi dan Visi perusahaan , Budaya kerja , proses produksi / Core bisnis perusahaan yang bersangkutan , Meeting managerial , sampai dengan kegiatan2 yang dilakukan pada perusahaan terhadap kepedulian lingkungan sekitar  yang biasa di sebut  CSR ( corporate Social responsibility ) , serta tambahan-tambahan lain sekitar perusahaan “.

Beliau melanjutkan, “ Namun terkadang Perusahaan memiliki request tersendiri yang berbeda dengan video company profile perusahaan lain. Apalagi perusahaan competitor , itu menyebabkan Production House ( PH ) harus memiliki Ide Creatif yang berbeda dalam mengemasnya “.

“ Disinilah Peran dari muteboard / Storyline dari seorang penulis scenario atau divisi Copywriting ( bahkan tidak jarang saya sendiri yang membuat Ide Cerita tersebut. Untuk mendapatkan Feel disaat Shooting berlangsung. Semakin rumit , details dan banyak permintaan dari perusahaan tersebut , maka semakin menentukan harga pembuatan disamping factor2 lainya “ tutur beliau.

Resolusi Video

Menurut Hembang Nugraha , Resolusi Video yang merupakan salah satu factor penentu harga  selanjutnya dalam pembuatan video Company Profile. Resolusi Video yang di Inginkan perusahaan yang bersangkutan seperti apa ?  

  • High Definition resolusi video (HDTV)
  • HD resolusinya 1280 x 720
  • Full HD resolusinya  1920 x 1080
  • Ulta High Definition (UHDTV)
  • 4K UHD resolusinya 3840 x 2160
  • 8K UHD resolusinya 7680 x 4320
  • DCI (Digital Cinema )
  • 2K (2048 x 1080)
  • 4K (4096 x 2160)

Setelah kita tahu resolusi video yang diinginkan , baru lah dapat menentukan equipment yang digunakan yang akan menjadi penentu harga dalam proses shooting.

Equipment Yang Di gunakan

Setelah konsep Video dan resolusinya sudah diketahui dan di sepakati, maka langkah selanjutnya  yang harus dilakukan ialah , menentukan peralatan seperti Jenis kamera , Lensa , Drone , Lighting , dan lain- lain. Dalam hal ini, Sutradara biasanya sudah diskusi  kepada D.O.P dan cameramen untuk details alat-alat tersebut. Semakin relolusinya bagus dan konsepnya lebih banyak Outdoor, maka harus disesuaikan alat- alat yang dapat menunjang kebutuhan pengambilan gambar atau video tesebut .

Menurut hembang Nugraha , “ Merk adalah selera namun juga mencerminkan hasil dan kualitas ( jadi pilihan alat biasanya sih tergantung kebutuhan. Taste setiap DOP dan kemeramen berbeda satu dengan yang lainya “.

Equipment yang dipilih ialah berdasarkan kebutuhan dari konsep  dan resolusi video yang sudah disepakati dengan client / costumer.

Jumlah Crew Yang Terlibat

Jumlah peralatan yang terlibat dapat ditentukan dari ketiga faktor diatas sebelumnya, faktor tersebut ialah kerumitan, konsep video, dan crew yang terlibat. Crew yang terlibat adalah standar kru film seperti Penulis Naskah, Departemen Produksi, Departemen Penyutradaraan, Departemen Kamera, Departemen Artistik, Departemen Suara, Departemen Pascaproduksi.

Dari masing-masing Departement  jumlah Crew bisa di atur kembali  sesuai  dengan kebutuhan. Sebagai referensi anda boleh meminta sertifikasi dari masing-masing tenaga ahli. Misalnya Penulis Scenario & Sutradara, serta Editor yang akan terlibat dalam proses penggarapan video Company Profile nantinya.

Lokasi Shooting

Lokasi harus  ditentukan berdasarkan kebutuhan adegan dalam Konsep video itu sendiri, selain Head Office, Pabrik, Site Project / Warehouse dan mungkin ada titik lokasi yang berbeda diperlukan untuk pengambilan Shooting .

Jika Proses shooting berada dalam 1 lokasi, maka akan kecil biaya produksi pengambilan gambarnya. Namun, jika Llkasi satu dengan yang lainya berbeda, misalkan Head Office berada dijakarta namun Pabrik  diluar diProvinsi seperti Surabaya dan warehaouse berada dikalimantan. Tentunya akan berpengaruh kepada besarnya akomodasi ( yang disesuaikan dengan Jumlah Crew yang terlibat ).

Adanya Efek CGI Dan Animasi 3D

Tidak dipungkiri, revolusi Industri 4.0 menuntut perkembangan technology digital semakin berkembang pesat.  Semakin banyak Ide Kreatif yang berkembang dan permintaan pihak perusahaan untuk menampilkan sesuatu yang berbeda dari biasanya, membuat sebuah perusahaan menginginkan adanya tambahan  Efek CGI dan Animasi 3d untuk menambah kesan mewah dan Eye Catching serta berbeda dari video company Profile kompetitornya .

Dengan adanya dua unsur diatas maka dapat dipastikan video company Profile dapat membuat biaya bertambah besar dalam proses produksinya.

Permintaan Adanya Talent / Model External

Talent atau Model didalam Video Company profile sejauh ini banyak masih melibatkan Karyawan Internal perusahaan yang bersangkutan, namun tidak menutup kemungkinan bila terdapat permintaan untuk Talent Eksternal. Permintaan model biasanya dari kalangan Pemain Figuran yang sering tampil di TV, Youtouber, Selebgram  dan  dari orang biasa yang tidak popular, asalkan Model yang gunakan  good Looking .

Jelas jika ada permintaan  ini membuat Penawaran harga dalam pembuatan video company Profile menjadi lebih tinggi.

Deadline

Rata-rata pengerjaan pembuatan video Company Profile itu, 1 bulan ( terdiri dari Pra Shooting dan After Shooting ). Namun bila ada permintaan perusahaan terkait deadline yang lebih dari rata-rata pengerjaan, biasanya Production House meminta lebih dari harga standart yang telah ditentukan.

Nah, itu dia penjelasan mengenai harga pembuatan Video Company Profile. Pilihlah vendor terpercaya, berlegalitas dan Profesional untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan, serta mintalah Portopolio yang sudah dikerjakan, dan lihatlah Testimoni dari Client yang telah memberikan komentar  terhadap hasil pekerjaanya. karena itu dapat mencerminkan tingkat kepercayaan anda kepada suatu vendor Production House yang akan dipilih nantinya .

Anda bisa konsultasi secara gratis di halaman website Jasa Video company Profile untuk mendapatkan hasil Video Company profile yang maksimal.

2 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *