5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Bulan Suci Ramadhan Di Masa Pandemi Covid-19
5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Bulan Suci Ramadhan Di Masa Pandemi Covid-19/bieproduction.com

5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Bulan Suci Ramadhan Di Masa Pandemi Covid-19

Pembatasan Ketika Bulan Suci Ramadhan akibat pandemi virus Corona (Covid-19) tampaknya pengaruhi kondisi bulan Ramadhan jadi berlainan dari tahun-tahun sebelumnya. Bulan Ramadhan kali ini harus dijalani bersama dengan segala keterbatasan di mana banyak aktivitas yang harus ditunaikan di tempat tinggal juga pelaksanaan ibadah. Selain sholat tarawih yang biasanya ditunaikan bersama, semua formalitas lain sepanjang Ramadhan layaknya ngabuburit, sahur on the road, bekerja, apalagi membeli baju lebaran nanti juga harus dibatasi kegiatannya. 

Pembatasan di Bulan Suci Ramadhan nyatanya memang perlu dikerjakan demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang sudah menyebabkan puluhan ribu orang terjangkit dan ratusan orang meninggal dunia. Mau tidak mau, di di dalam situasi darurat bencana layaknya ini penduduk khususnya umat muslim perlu siap merasakan situasi Ramadhan di rumah saja.

Agar tidak suntuk atau bosan selama ramadhan di rumah, maka perlu diisi dengan kegiatan bermanfaat. Mengisi sementara di bulan Ramadhan perlu dengan kegiatan yang bisa meningkatkan pengetahuan baik pengetahuan agama maupun terhitung pengetahuan lain. Semuanya dikerjakan dengan harapan bisa meningkatkan pahala dan kebaikan sesuai makna bulan Ramadhan itu sendiri.

Berikut ini ada beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan Ketika Ramadhan tiba.

Aktivitas Apa Saja Yang Harus Di Lakukan Ketika Bulan Suci Ramadhan Di Masa Pandemi Covid-19.

Perbanyak ibadah

Yang satu ini sanggup saja harus kamu lakukan di sepanjang bulan Ramadhan. Memperbanyak ibadah yang baik maupun sunnah adalah perintah didalam agama Islam kepada umat muslim sepanjang bulan Ramadhan. Jangan sampai kalian cuma menggerakkan puasa tetapi melepaskan tentang lain seperti solat, mengaji, sedekah, dan lain-lain. Hanya berpuasa tanpa jalankan kewajiban sesudah itu justru kurang afdol sepanjang Ramadhan. Intinya, anda cuma menghindar haus dan lapar tetapi tidak mendapat pahala apa-apa. 

Mengelola keuangan

Di bulan Ramadhan sebelumnya, barangkali kalian sering menghambur-hamburkan uang untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Nah, sebaiknya momen Ramadhan kali ini menjadi titik balik untuk lebih pandai mengelola uang. Karena semua kegiatan dilakukan di rumah, sementara ini uang anda sanggup lebih banyak ditabung untuk keedepannya. Pergunakan uang anda sebaik-baiknya untuk yang berfaedah jika sedekah, belanja keperluan pokok, atau nanti disisihkan untuk diberi ke orang yang kurang mampu. Jangan berlebihan belanja barang-barang untuk lebaran. Ingat, bencana pandemi Covid-19 ini mengajarkan kepada kami untuk lebih bersyukur dan tidak boros, ya.

Memulai bisnis online

Bulan Ramadhan menjadikan suatu bulan yang di tunggu-tunggu oleh umat muslim. Konon pernah disebutkan, terkecuali tingkat perputaran uang tertinggi di Indonesia berjalan sepanjang bulan Ramadhan dan lebaran dan bisa menghapus dosa-dosa yang sudah di perbuatnya. Oleh karenanya, tidak tersedia salahnya mencoba berbisnis atau berdagang walaupun menjadi kesulitan sedang wabah Covid-19. Untuk mengakalinya, kalian sanggup berjualan melalui online sepanjang pandemi. Jualan online menjadi alternatif di kala orang dibatasi untuk keluar area akibat wabah Covid-19 ini.

Mencoba hal-hal baru

Momen Ramadhan jadi kesempatan untuk coba hal-hal baru. Selagi diam di rumah, Kamu sanggup studi melakukan dunia digital lebih dalam.  Jika pandemi Covid-19 ini akan berakhir, kemungkinan waktunya anda membangun ekonomi dan menata bisnis Kembali dengan benar. Pada waktu tersebut, kalian wajib siap untuk mempunyai skill baru khususnya kapabilitas digital marketing. Jika kalian tidak menguasai digital marketing, maka sanggup dipelajarinya dari sekarang. Jangan sampai, anda tidak sanggup beradaptasi dengan pengetahuan bisnis baru waktu ekonomi nanti merasa bergerak naik. 

Refleksi diri

Tidak ada salahnya bila Kamu melaksanakan refleksi diri sepanjang ramadhan ini. Dengan mengingat kesalahan yang dulu pernah dilakukan mau itu sengaja atau tidak di sengaja, refleksi diri adalah cara tepat untuk melakukan perbaikan diri. Refleksi diri memicu kami untuk mengetahui kesalahan-kesalahan di jaman lalu, dan berpikir berencana hal baik untuk jaman depan. Lakukan banyak hal positif yang memicu Kamu lebih berkembang dan tetap punya motivasi baru. Jadikan ramadhan ini, sebagai peristiwa refleksi semoga kalian agar menjadi pribadi lebih baik dan religious untuk kedepannya.

Kesimpulan

Semoga Ramadhan ini menjadi berkah untuk kita semua. Untuk menghapus dosa-dosa yang pernah anda lakukan. Mungkin sampai sini saja mengenai aktivitas apa saja yang harus anda lakukan di Ramadhan di saat pendemi covid-19.

Rudyansah
"A lot of people say I am a crazy person, until finally they can see my success because of the results of my madness."

Form Balasan Cepat

Silahkan isi data dibawah ini, setelah form terisi, maka akan otomatis terinput di whatsapp agar mendapat jawaban dengan cepat dari team kami.

Terima Kasih, Anda akan langsung terintegrasi menuju whatsapp agar mendapat balasan dengan cepat :)
Jasa Multimedia