Cara Membuat Film Dokumenter Yang Benar
Cara Membuat Film Dokumenter Yang Benar/bieproduction.com

Cara Membuat Film Dokumenter Yang Benar

Dalam Membuat Film Dokumenter yang kita rekam patut berdasarakan fakta yang ada. Jadi film dokumenter yakni suata film yang mengandung fakta dan subjektivitas pembuatnya. Artinya apa yang kita rekam memang menurut fakta yang ada, tapi dalam penyajiannya kita juga memasukkan pemikiran-pemikiran kita.

Dalam Membuat Film Dokumenter ada langkah-langkah dan tips bagaimana film yang kita buat akan disenangi oleh penonton dan tak memakan tarif yang besar ketika kita akan membuat filmnya.

Langkah-Langkah Membuat Film Dokumenter Yang Benar

  • Menentukan ide

Inspirasi dalam membuat film dokumenter tidaklah semestinya pergi jauh-jauh dan memusingkan sebab pandangan baru ini dapat muncul dimana saja seperti di sekeliling kita, di pinggir jalan, dan kadang pandangan baru yang kita anggap awam ini yang menjadi sebuah pandangan baru yang menarik dan baik diproduksi. Jadi mulailah kita untuk bepfikir agar sensitif kepada kejadian yang terjadi.

  • Menulis film statement

Film statement adalah penulisan inspirasi yang telah ke kertas, sebagai tutorial kita dilapangan dikala pengambilan Angel. Jadi pada langkah kedua ini kita wajib mengatasi skenario film dan memperbanyak acuan sehingga film yang kita buat sudah kita kuasai seluk-beluknya.

  • Membuat Script

Outline disebut juga script dalam bahasa teknisnya. Script yaitu cerita rekaan perihal film yang kita buat. script juga suatu gambar kerja keseluruhan kita dalam memproduksi film, jadi kerja kita akan lebih terarah.

  • Mencatat shooting

Dalam langkah keempat ini ada dua yang patut kita catat merupakan shooting list dan shooting schedule. Shooting list merupakan catatan yang berisi sangkaan apa saja gambar yang diperlukan untuk flim yang kita buat. jadi ketika merekam kita tak akan buang pita kaset dengan gambar yang tak berguna untuk film kita. Padahal shooting schedule yakni mencatat atau merencanakan khususnya dahulujadwal shooting yang akan kita lakukan dalam pembuatan film.

  • Editing Script

Langkah kelima ini betul-betul penting dalam pembuatan film. Umum orang menyebutnya dengan pasca produksi dan ada juga yang bilang film ini terjadinya di meja editor. Dalam menjalankan pengeditan kita mesti menyiapkan tiga hal yaitu menbuat transkip wawancara, membikin logging gambar, dan membikin editing script. Dalam membikin transkipsi wawancara kita mesti menuliskan secara terperinci dan detil data wawancara kita dengan subjek dengan terang.

Rudyansah
"A lot of people say I am a crazy person, until finally they can see my success because of the results of my madness."

Form Balasan Cepat

Silahkan isi data dibawah ini, setelah form terisi, maka akan otomatis terinput di whatsapp agar mendapat jawaban dengan cepat dari team kami.

Terima Kasih, Anda akan langsung terintegrasi menuju whatsapp agar mendapat balasan dengan cepat :)
Jasa Multimedia