Mengapa Kita Membutuhkan Strategi Bisnis

Mengapa Kita Membutuhkan Strategi Bisnis

Kebanyakan dari mereka berasal dari Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menganggap pemasaran atau marketing sebagai bagian dari penjualan, meskipun konsep pemasaran belum tentu menjual. Pada dasarnya pemasaran merupakan langkah yang harus di perhatikan oleh badan usaha untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk. – Mengapa Kita Membutuhkan Strategi Bisnis

Mengapa Kita Membutuhkan Strategi Bisnis
Mengapa Kita Membutuhkan Strategi Bisnis

Dalam konteks persaingan usaha yang semakin ketat dan padat, UKM harus memiliki keunggulan di bandingkan para pesaingnya atau pesaing ekonomi lainnya. Dalam proses pemasaran produk suatu UKM, seorang agen komersial harus mengetahui keinginan konsumen agar dapat menawarkan produk yang di inginkan konsumen. Namun, Anda harus memahami mengapa sebuah bisnis membutuhkan strategi? Untuk itu, evaluasi produk harus di lakukan dengan menerapkan inovasi untuk mendapatkan produk terbaik.

Ada 4 Jenis – Jenis Pemasaran Yang Bisa Kamu Ketahui

Direct Selling

Penjualan langsung atau instant selling merupakan salah satu jenis taktik pemasaran di mana penjual dapat langsung menjual produknya kepada konsumen. Meski langsung, sebagian besar penjual tidak berada di toko ritel. Anda dapat melakukannya di tempat atau tatap muka dengan pelanggan. Sebagai seorang pemasar, Anda bisa singgah di rumah-rumah target pelanggan Anda.

Pengadaan barang di lakukan secara bersama-sama dengan mengandalkan keterampilan persuasi. Keuntungan dari strategi ini adalah modal tidak perlu besar, sehingga cocok untuk perusahaan yang tidak memiliki modal besar. Kelemahan dari pemasaran adalah banyak warga atau pelanggan yang juga tidak nyaman  dengan cara ini karena membosankan dan terasa seperti tekanan untuk membeli.

Earned Media

Strategi pemasaran produk kedua adalah media yang di peroleh. Berbeda dengan direct selling, strategi jenis ini justru di lakukan secara tidak langsung. Hal utama yang perlu Anda lakukan untuk menerapkan strategi ini adalah membangun hubungan dan rasa saling percaya dengan masyarakat. Jadi Anda harus membangun merek Anda dan membentuk citra yang baik melalui layanan sosial.

Point of Purchase

Point of Purchase adalah strategi pemasaran yang melibatkan penempatan materi pemasaran atau promosi di dekat produk yang di promosikan. Strategi ini sangat cocok untuk toko ritel yang menjual berbagai macam produk. Menurut penelitian, lebih dari satu orang mengunjungi toko ritel dan belum menemukan produk yang mereka mampu beli. Syaratnya, Anda bisa menggunakannya bersama-sama dengan meminta mereka membeli produk Anda.

Internet Marketing

Tentunya Anda sudah mengetahui strategi pemasaran yang satu ini bukan? Pemasaran internet adalah salah satu bentuk pemasaran yang baik yang di kenal dan dipraktikkan oleh banyak pengusaha umum. Metode yang lembut dan cepat berhasil membuat strategi ini menjadi pilihan populer. Selain itu, tersedia juga berbagai pilihan layanan sosial seperti Instagram, Facebook, website, email marketing dan masih banyak lagi. Jenis pemasaran ini dapat berjalan dengan lancar jika Anda dapat membuat efek konten yang menarik pembeli. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan untuk menciptakan efek merek Anda sendiri di layanan sosial, itu adalah keuntungan yang sangat bagus.

Anda masih bingung dengan pemasaran bisnis yang akan anda Kelola? Konsultasikan ke kami sebagai jasa pengelolaan Iklan Sosial Media dan Google, bisa hubungi kami di sini atau klik https://bieproduction.com/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *