9 Tips Menjadi Seorang Editor Video Seperti Professional
9 Tips Menjadi Seorang Editor Video Seperti Professional/bieproduction.com

9 Tips Menjadi Seorang Editor Video Seperti Professional

Keterampilan untuk Menjadi Seorang Editor Video merupakan hal yang harus diasah dari kala ke waktu. Selain kamu harus menguasai hal-hal teknis, jadi seorang video editor yang baik terhitung memerlukan kreativitas dan kepekaan pada bahasa visual, serta keterampilan berkomunikasi yang terasah.


Menjadi Seorang Editor Video kamu paling tidak harus memanfaatan software video editing. Kami sudah menuliskan software video editing gratis terhitung lho, jika tersedia yang tetap pemula jadi editor video. Nah, dalam proses menyunting video tersedia sebagian hal yang harus anda perhatikan jika ingin Menjadi Seorang Editor Video, mau tau apa saja? yuk simak berikut ini.

Tips Menjadi Seorang Editor Video Yang Handal

Membangun Cerita


Cerita adalah sistem utama didalam sebuah editing. Kamu harus sanggup membangun cerita seperti “menjahit” potongan-potongan gambar yang kamu punya. Jangan biarkan alasan yang mutlak tidak nyambung atau yang ini gambarnya bagus saja menjadi bahan pertimbanganmu. Keputusanmu didalam menentukan gambar termasuk harus didasari oleh cerita yang inginkan kamu bangun.


Berani Buang


Stock gambar seringkali yang kadangkala mengakibatkan editor bingung untuk memilihnya. Bahkan editor dapat mulai untuk menyingkirkan shot yang indah dan memanjakan mata. Namun, terkecuali shot selanjutnya tidak selaras dengan ceritamu menjadi lebih baik, maka buanglah! Karena yang indah belum tentu baik, sobat! tetapi carilah yang selaras dengan ceritamu walaupun gambar itu tidak sebaik gambar yang lain.

Baca Juga : 5 Cara Menjadi Seorang Produser Musik Yang Handal


Fokus Pada Mata

Ada yang bilang bahwa mata itu bisa berbicara, lebih-lebih mata aktor di di dalam film. Mata aktor dapat menambahkan informasi spesifik pada penonton. Penonton dapat dibuat ikut menjadi penasaran, takut, sedih, lebih-lebih suka waktu menyaksikan tatapan mata berasal dari aktor di dalam film. Oleh karena itu, perhatikanlah baik-baik mata aktor di di dalam sebuah frame.


Kuasai Bahasa Visual


Proses video editing adalah salah satu cara dalam bercerita lewat bahasa visual. Bahasa ini membatasi pesan yang merangkum persepsi dan pemahaman filmmaker lewat visualisasi yang terstruktur. Oleh karena itu, pemahaman dapat di artikan di dalam bahasa visual merupakan hal yang benar-benar urgent bagi seorang editor. Memahami bahasa visual dapat diawali dengan menyaksikan konten-konten Youtube yang menganalisa lebih dari satu adegan dalam film.


Perbanyak Referensi


Referensi bagi seorang video editor bisa berasal dari berbagai sumber. Film pemenang penghargaan, buku tentang film, workshop, atau video tutorial di internet.
Makin lama ringan diakses untuk kalian yang mengidamkan belajar lebih lanjut tentang video editing. Bahkan, lingkungan sekitarmu juga bisa jadi referensi untuk memperkaya keterampilan editing kamu.
Walaupun anda sudah punya banyak pengalaman dan pengetahuan, usahakan untuk tidak menutup diri terhadap sekitarmu sebab ilmu baru bisa anda temui di daerah dan selagi yang tidak terduga.


Ketahui Jam Kerja

Memang banyak rumor kalau ingin menjadi seorang editor selalu dikejar deadline dan bekerja selalu sampai larut malam. Namun, anda dapat kok menjadi editor video yang memiliki jam kerja sehat. Buatlah jam kerja yang rutin, misal dari 09.00-17.00 itu adalah waktumu untuk bekerja. Lebihnya anda dapat lakukan aktivitas lain. Jika anda disiplin menerapkan jam kerja tersebut, pihak lain yang bekerja denganmu dapat jelas kok! Tapi, catatan yaa, kalau tersedia proyek yang memicu anda perlu lembur, mungkin dapat menjadi pengecualian.


Hargai Target Pribadi

Jika anda telah memiliki target-target jangka pendek dan jangka panjang, usahakan untuk mengambil alih proyek pasca-produksi yang dapat menjadi jalan untuk capai targetmu.
Mengerjakan proyek yang sama sepanjang bertahun-tahun dapat memberikanmu pengalaman, akan tetapi kala yang dihabiskan untuk mengerjakan perihal yang sama secara berkesinambungan berpotensi untuk menempatkanmu pada titik jenuh sebagai seorang video editor.
Hal ini sebetulnya bukan perihal yang ringan gara-gara kesempatan-kesempatan untuk berkembang tidak selalu mampir di kala yang berdekatan. Namun, kalau memungkinkan, kerjakanlah hal-hal baru yang dapat memperluas keterampilan dan portofoliomu.


Latihan Keterampilan Dalam Berkomunikasi

Film merupakan sebuah karya kolektif yang melibatkan banyak orang dalam bermacam divisi. Sebagai seorang editor, keterampilan berkomunikasi tidak kalah perlu bersama dengan keterampilan yang bersifat teknis.
Keterampilan ini sangat berfungsi sementara kalian bertukar anggapan perihal eksekusi kreatif yang bakal ditunaikan dengan divisi lain. Membiasakan diri bertukar inspirasi dengan orang-orang sekitarmu melatih keterampilan ini bersama dengan sendirinya.


Mulai Edit


Setelah mempelajari ilmu basik sebagai editor, langkah yang harus anda lakukan adalah terus berlatih. Hal-hal yang sudah anda pelajari melalui buku, workshop, dan video-video tutorial tentu saja tidak akan berfaedah jikalau tidak anda praktikkan secara intensif.
Jika anda tengah tidak mengerjakan proyek film apapun, anda harus mengambil sebagian stock footage berasal dari proyek pada mulanya atau video lain yang anda punya untuk mencoba-coba teknik pengeditan yang belum dulu anda aplikasikan sebelumnya.

Kesimpulan


Setelah mempelajari ilmu dasar sebagai editor, langkah yang harus kamu lakukan adalah tetap berlatih. Hal-hal yang sudah kamu pelajari lewat buku, workshop, dan video-video tutorial tentu saja tidak dapat berguna jika tidak kamu praktikkan secara intensif.
Jika kamu sedang tidak mengerjakan proyek film apapun, kamu sanggup mengambil beberapa stock footag, setelah ini apakah kamu dapat menerapkan tips menjadi editor video yang lebih baik ini? Semoga kamu sanggup menjadi seseorang editor video yang handal.

Rudyansah
"A lot of people say I am a crazy person, until finally they can see my success because of the results of my madness."

Form Balasan Cepat

Silahkan isi data dibawah ini, setelah form terisi, maka akan otomatis terinput di whatsapp agar mendapat jawaban dengan cepat dari team kami.

Terima Kasih, Anda akan langsung terintegrasi menuju whatsapp agar mendapat balasan dengan cepat :)
Jasa Multimedia