Pengertian Manajemen Dan Fungsinya
Pengertian Manajemen Dan Fungsinya/pixsabay.com

Pengertian Manajemen Dan Fungsinya

Secara lazim, Pengertian Manajemen Dan Fungsinya yaitu suatu seni dalam ilmu dan pengorganisasian seperti membentuk perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta penguasaan atau pengawasan. Dapat juga diistilahkan bahwa manajemen yaitu suatu ilmu pengetahuan yang sistematis supaya bisa memahami kenapa dan bagaimana manusia saling berprofesi sama supaya bisa menjadikan sesuatu yang berguna bagi orang lain ataupun klasifikasi tertentu dan masyarakat luas.

Secara etimologis, pengertian manajemen yakni seni untuk mengerjakan dan memegang. Manajemen ini juga diperhatikan sebagai ilmu yang mengajari pelaksanaan menerima tujuan dalam organisasi, sebagai usaha bersama dengan sebagian orang dalam organisasi hal yang demikian sehingga ada orang yang merumuskan dan mengerjakan perbuatan manajemen yang disebut dengan manajer.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

George Robert Terry

George mengistilahkan manajemen sebagai pengerjaan khas dari sebagian perbuatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Segala perbuatan hal yang demikian bertujuan menempuh sasaran dengan memanfaatkan segala sumber energi yang tersedia.

Ricky W. Griffin

Manajemen yakni pelaksanaan perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol pada sumber kekuatan supaya tujuan tercapai secara tepat sasaran dan efisien. Sasaran di sini maksudnya tujuan tercapai layak agenda, dan efisien berarti bahwa manajemen dijalankan secara jitu, terorganisir, dan ideal waktu.

Lawrence A. Appley

Mengistilahkan manajemen sebagai keahlian dalam membangkitkan orang lain supaya bersedia menjalankan sesuatu. Tidak patut seseorang, keahlian manajemen juga bisa dimiliki oleh organisasi ataupun klasifikasi.

Fungsi Manajemen

  1. Planning

Perencanaan merupakan kesibukan strategis dengan membentuk hal-hal yang akan dilakukan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dijalankan untuk mempertimbangkan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan metode terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer menilai bermacam-macam agenda pilihan sebelum mengambil perbuatan dan kemudian memperhatikan apakah agenda yang dipilih sesuai dan bisa diterapkan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan yaitu cara kerja lebih-lebih dari segala fungsi manajemen sebab tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tidak bisa berjalan.

Pengorganisasian dikerjakan dengan tujuan membagi suatu aktivitas besar menjadi aktivitas-aktivitas yang lebih kecil. Pengorganisasian memudahkan manajer dalam mengerjakan pengawasan dan menetapkan orang yang diperlukan untuk mengerjakan tugas-tugas yang sudah dibagi-bagi hal yang demikian. Pengorganisasian bisa dikerjakan dengan metode menetapkan tugas apa yang mesti dilakukan, siapa yang mesti melakukannya, bagaimana tugas-tugas hal yang demikian dikategorikan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas hal yang demikian, dan pada tahapan mana keputusan mesti diambil.

  • Pengarahan

Nasihat merupakan suatu perbuatan untuk mengusahakan supaya seluruh member golongan berupaya supaya bisa menempuh target layak dengan perencanaan manajerial dan usaha.

  • Evaluasi

Evaluasi dilaksanakan sesudah pengerjaan kerja dilaksanakan. Pada pengerjaan ini, daya kerja diukur apakah cocok dengan planning. Pada tahap ini manajemen mengukur keberhasilan dan efektifitas daya kerja, melaksanakan klarifikasi dan perbaikan,  dan juga memberikan opsi solusi problem yang terjadi selama pengerjaan kerja berlangsung.

Kesimpulan

Jadi itulah kesimpulan mengenai pengertian manajemen dan fungsinya. Sekian dari kami terima kasih, semga bermanfaat.

Rudyansah
"A lot of people say I am a crazy person, until finally they can see my success because of the results of my madness."

Form Balasan Cepat

Silahkan isi data dibawah ini, setelah form terisi, maka akan otomatis terinput di whatsapp agar mendapat jawaban dengan cepat dari team kami.

Terima Kasih, Anda akan langsung terintegrasi menuju whatsapp agar mendapat balasan dengan cepat :)
Jasa Multimedia