Produk Anda Tidak Laku? Ini Penyebabnya!

Produk Anda Tidak Laku? Ini Penyebabnya!

Profit merupakan misi utama sebuah perusahaan. Untuk memperoleh keuntungan yang besar, syarat utama adalah tingkat konsumsi produk. Sebagai seorang pengusaha, tentu ada perasaan menggiurkan jika produk perusahaannya laku di pasaran. – Produk Anda Tidak Laku?

Banyak aspek yang membuat produk tersebut tidak laku di pasaran. Jika penjualan produk komersial anda cenderung tidak memuaskan, yang mungkin tidak demikian, ada beberapa alasan mengapa produk anda tidak laku di pasaran.

Produk Anda Tidak Laku? Ini Penyebabnya!
Produk Anda Tidak Laku? Ini Penyebabnya!

Terlalu Mahal

Harga adalah salah satu poin utama yang dipertimbangkan oleh konsumen. Memang, dengan menetapkan harga yang tinggi, margin keuntungan perusahaan anda tentu akan lebih besar. Namun, kurang berdampak pada volume penjualan karena rendahnya jumlah pelanggan. Jika produk anda tidak selalu laku, anda harus mempertimbangkan untuk menurunkan harga.

Kalah Dengan Kompetitor

Hal lain yang membuat penjualan produk bisnis anda tidak menarik adalah tidak dapat bersaing dengan produk kompetitor anda. Mungkin kualitas produk anda terlalu rendah, mungkin produk anda tidak istimewa, atau mungkin langkah anda tidak sebaik kompetitor. Jadi cobalah untuk melihat bagaimana kompetitor anda mengungguli bisnis.

Baca Juga : Era Digital Memberikan Banyak Peluang Bisnis

Pelayanan Tidak Memuaskan

Di jantung bisnis anda, penempatan staf di departemen pemasaran dan layanan pelanggan harus dilakukan dengan hati-hati. Jika pelanggan tidak sepenuhnya puas dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan anda, produk perusahaan anda secara bertahap akan menghadapi kebangkrutan.

Citra Usaha yang Buruk

Hal lain yang membuat suatu produk tidak laku di pasaran adalah citra buruk yang melekat pada produk atau perusahaan yang membuatnya. Misalnya penjualan mobil merek X atau kosmetik merek A terlalu rendah karena faktor keamanan selalu ditentukan oleh konsumen. Oleh karena itu, pengusaha harus membangun citra yang baik dari segi kualitas produk maupun reputasi perusahaan.

Minimnya Promosi

Sekalipun produk komersial anda sangat bagus sehingga hanya sedikit orang yang mengetahuinya, penjualan anda tidak akan bisa meningkat. Jadi pengenalan produk (iklan) adalah bagian penting dari pemasaran bisnis. Anda dapat memilih dari berbagai bidang promosi (periklanan) yang sering dilakukan oleh pengusaha, seperti iklan televisi, promosi di sosial media, promosi dengan jingle, dan website.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *