Taktik Pemasaran Penting untuk Usaha Kecil

Taktik Pemasaran Penting untuk Usaha Kecil

Taktik Pemasaran Penting untuk Usaha Kecil – Dengan meningkatnya usaha kecil, terutama yang memiliki anggaran lebih rendah untuk pemasaran. Apa saja taktik pemasaran penting yang dapat digunakan oleh bisnis kecil?

Memahami Audiens Anda

Sebelum Anda mulai menggunakan strategi atau kampanye pemasaran apa pun, Anda perlu tahu siapa yang menargetkan. Siapa audiens Anda?

Dengan setiap langkah audiens Anda, Anda perlu tahu lebih banyak tentang mereka. Melalui demografi dan psikografis, Anda dapat memanfaatkan elemen-elemen ini untuk lebih mengenal audiens Anda sebelum memulai kampanye berikutnya. Berikut caranya :

  • Komentar & Keterlibatan

Termasuk dalam rencana jangka panjang untuk pemasaran Anda. Setelah Anda mulai mengeluarkan konten, baik itu media sosial atau bentuk kreatif percakapan lainnya, Anda dapat menggunakan komentar dan keterlibatan.

  • Analisis pesaing

Menjadi cara alternatif dalam melakukan riset pasar, Anda dapat menggunakan analisis pesaing Anda untuk memahami audiens Anda lebih jauh. Ini karena dalam analisis audiens dan pesaing Anda akan ada putaran. Yang merupakan bonus bagi Anda karena memberi Anda wawasan tambahan!

Media sosial

Untuk usaha kecil, media sosial adalah awal untuk dapat memperkenalkan diri Anda ke khalayak luas, tergantung pada industri Anda dan informasi di sekitarnya. Terutama di sisi operasi bisnis untuk pemasaran, media sosial dapat menjadi keuntungan nyata bagi keseluruhan strategi bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan dan menggunakan saluran media sosial Anda secara strategis:

  • Facebook

Bisa dibilang salah satu konten paling populer, yang berarti Facebook memiliki akses ke data paling banyak. Ini berarti bahwa ketika Anda memposting konten, data yang Anda peroleh dari posting Anda, gunakan ini secara strategis.

  • Instagram

Bisa dibilang fitur yang paling penting setelah di feed posting itu sendiri, Stories adalah fitur luar biasa yang dapat dimanfaatkan melalui Instagram (yang juga bisa dibagikan secara otomatis ke Facebook).

Saat berbagi konten menggunakan Instagram Stories, Anda juga dapat menggunakan fitur Stories, seperti polling dan pertanyaan untuk dapat terlibat lebih jauh dengan audiens Anda.

Di Instagram, cerita seputar subjek bisnis kecil Anda akan menciptakan lebih banyak keterlibatan dan membuat audiens Anda lebih terlibat, tetapi tentu saja, Anda harus dapat membangun audiens ini terlebih dahulu.

  • Hashtag

Ada 2 jenis hashtag utama yang harus Anda gunakan: populer dan longtail. Dalam posting infeed Instagram Anda, Anda harus menggunakan kombinasi keduanya untuk memastikan penggunaan yang efektif dalam tingkat pertumbuhan dan keterlibatan posting Anda.

Pada postingan Anda, untuk memastikan penggunaan yang maksimal, pastikan Anda menggunakan kombinasi ini sepanjang 12–15 tagar pada postingan Anda.

  • LinkedIn

Meskipun tergantung pada model bisnis Anda, untuk sebagian besar bisnis dan pemilik bisnis, saat ini sangat penting untuk memiliki halaman pribadi dan bisnis di LinkedIn.

Jangan salah paham… memiliki halaman bisnis sangat penting. Ini penting karena dapat menampilkan infeed, dengan integrasi tagar dan strategi lain untuk menampilkan karya Anda atau konten lainnya di depan mata orang yang Anda inginkan.

Pemasaran Konten

Taktik Pemasaran Penting untuk Usaha Kecil – Untuk bisnis kecil Anda, apakah Anda menggunakan situs web Anda (yang merupakan keputusan yang lebih baik karena ini adalah domain dan IP Anda), atau platform eksternal seperti WordPress, menulis konten dapat membantu membangun kredibilitas dan audiens di sekitar bisnis Anda.

Ini karena ketika Anda mulai merilis konten, Anda dapat membangun audiens di sekitar topik yang Anda keluarkan. Juga, ketika Anda merilis konten, ini kemudian akan dirayapi oleh mesin pencari yang berpotensi memberi Anda lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

Dengan potensi lalu lintas yang disebabkan oleh pemasaran konten, Anda dapat menggunakan analisis ini dan potensi segmentasi untuk memahami audiens Anda lebih jauh. Lebih banyak data tentang audiens Anda berarti Anda dapat menggunakan data ini untuk kampanye Anda dan mengulanginya.

Pemasaran Viralitas

Meskipun, setiap saat, kecuali Anda telah membangun aset sosial atau konten untuk dapat menciptakan tempat viralitas, hampir tidak mungkin untuk memulai adegan yang akan mengarah ke konten viral setiap saat.

Tapi, di dalamnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, untuk bisa meningkatkan peluang viralitas. Tapi, pertama-tama, untuk mendefinisikan viral marketing, apa itu?

Apa itu Pemasaran Viral?

Saat mencoba membuat kampanye seputar pemasaran viral, ini berupaya menyebarkan informasi tentang produk atau layanan dari banyak saluran. Tujuan pemasaran viral adalah untuk mendapatkan lebih banyak orang dan kesadaran akan merek atau bisnis Anda. Sebagian besar waktu adalah kampanye organik, untuk memastikan viralitas dalam keterlibatan dan konversi.

Saat Anda mencoba membuat kampanye dengan viralitas, tidak ada faktor terpenting yang terkait dengan data adalah emosi dan psikologi. Ini penting karena audiens utama Anda adalah orang-orang, di sinilah psikologi berperan dan dapat membuat atau menghancurkan kampanye Anda ketika dijalankan secara efisien.

Saat membuat kampanye yang akan beresonansi dengan banyak orang, salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah emosi dan psikologi.

Entah itu kegembiraan, kebahagiaan, kesedihan, atau segala sesuatu di antaranya, ada metrik berbeda untuk dilihat dari orang berbeda yang perlu Anda targetkan secara khusus, di sinilah psikologi berperan.

One Response

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *