tips menumbuhkan bisnis di tahun 2022

Tips Menumbuhkan Bisnis Di Tahun 2022

Tips Menumbuhkan Bisnis Di Tahun 2022-Baik keterlibatan karyawan, aktivitas pemasaran, manajemen basis data, atau layanan pelanggan yang sangat baik, semua yang ada di ekosistem digital tampaknya menantang bagi bisnis. Tetapi jika Anda siap, tidak ada yang dapat menghentikan bisnis Anda dari skala ketinggian baru.

Apakah Anda menjalankan bisnis kecil? Atau memiliki tanggung jawab perusahaan besar? Apakah Anda tahu bagaimana menumbuhkannya di lingkungan digital yang penuh tantangan?

Tidak apa-apa jika Anda tidak tahu. Lanjutkan membacanya dan temukan cara terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda di tahun 2022. Tahun 2021 telah usai dan berlalu, kini saatnya anda membangun strategi sebab pesaing Anda sudah mulai menyusun strategi untuk tahun 2022.

Berikut adalah beberapa tips terbaik yang dapat membantu Anda dalam menumbuhkan atau mengembangkan bisnis di tahun 2022:

Bangun Strategi Untuk Sukses

Susun strategi untuk membuat bisnis Anda sukses. Kemudian, sertakan jawaban atas pertanyaan seperti produk/layanan apa yang akan Anda berikan, bagaimana Anda akan menarik pelanggan, siapa yang akan membuat keputusan, bagaimana masalah (karyawan dan pelanggan) akan diselesaikan, dan seterusnya.

Ingat, bisnis Anda mungkin menghadapi hambatan dalam perjalanannya menuju kesuksesan. Jadi, pastikan Anda menyertakan opsi alternatif pada strategi sehingga jika ada yang tidak berhasil pada yang pertama, alternatifnya yang akan melakukannya.

Anda dapat mempertimbangkan ini saat membangun rencana untuk kesuksesan bisnis Anda pada tahun 2022 dan seterusnya:

  • Memiliki visi yang realistis.
  • Fokus pada keunggulan kompetitif. Model penetapan harga, sistem pengiriman, layanan purna jual, dan hal-hal lain yang mungkin Anda kuasai lebih baik daripada pesaing Anda.
  • Tetapkan target yang jelas untuk menghindari kebingungan antara penjualan, pemasaran, dan pendekatan lainnya.
  • Pastikan semua keputusan (mengenai operasi bisnis, karyawan, dan pelanggan) berdasarkan fakta.
  • Berfokus pada jangka pendek mungkin tidak membantu bisnis Anda. Jadi, perluas wawasan Anda dan pikirkan jangka panjangnya.

Kunjungi : jasa video company profile, jasa video animasi, jasa digital marketing

Tingkatkan Kehadiran Online Bisnis Anda

Tidak peduli seberapa sukses bisnis Anda secara offline, kehadiran online-nya akan menentukan kesuksesan di masa depan. Situs web yang ada tidak hanya meningkatkan visibilitas Anda, tetapi juga meningkatkan tingkat konversi Anda. Selain itu, ini menetapkan bisnis Anda sebagai merek yang dapat diandalkan.

Selain itu, pandemi baru-baru ini telah memperkuat pasar online, dan sebagian besar konsumen sekarang lebih suka terlibat dengan bisnis online. Oleh karena itu, pastikan Anda tersedia untuk pelanggan Anda ketika mereka mencari melalui internet.

Pertimbangkan poin-poin berikut untuk meningkatkan kehadiran online bisnis Anda:

  • Dapatkan situs web untuk bisnis Anda yang mencakup, setidaknya, penawaran Anda (produk/layanan), biografi, testimonial, informasi kontak, dan blog.
  • Publikasikan konten secara teratur di blog Anda dan pastikan itu ditulis dengan baik, menarik, dan berharga untuk audiens target Anda.
  • Jadikan diri Anda tersedia di semua saluran media sosial tempat audiens target Anda sering memeriksa.
  • Selalu bagikan gambar, video, dan postingan blog yang relevan di semua platform media/ media sosial. Melakukannya akan membantu Anda meningkatkan lalu lintas, konversi, penjualan, dan visibilitas merek.

Fokus Pada Edukasi, Bukan Hard-Selling

Dihadapkan pada ribuan iklan setiap hari, orang-orang kini menjadi resisten terhadap strategi penjualan keras. Akibatnya, tuntutan penjualan dari merek tidak sering berhasil menggoyahkannya.

Jangan mencoba untuk menjual produk/layanan Anda dengan susah payah, tetapi fokuslah untuk mendidik konsumen Anda tentang mengapa itu penting bagi mereka. Beri tahu mereka bagaimana itu akan membantu dan membuat hidup mereka lebih mudah. Juga, pastikan bahwa Anda dan pengambil keputusan lain di bisnis Anda memahami perbedaan antara pendidikan pelanggan dan penjualan keras.

Anda dapat mempertimbangkan hal berikut:

  • Dengan bantuan sampel atau demo langsung, Anda dapat membantu pelanggan Anda menonton atau merasakan produk dan layanan Anda.
  • Jadikan konten yang informatif dan berharga tersedia bagi konsumen Anda melalui situs web, email, saluran media sosial, dan media lainnya.
  • Atur lokakarya di mana pelanggan Anda dapat mempelajari berbagai cara untuk menggunakan produk/layanan Anda dan mendapatkan hasil maksimal darinya.

Buat Konten Berkualitas Tinggi, Tapi Tetap Sederhana dan Jelas

Dengan banyaknya informasi yang tersedia di internet, membuat dan mengirimkan konten orisinal berkualitas tinggi menjadi semakin sulit. Selain itu, konsumen tidak menghargai informasi yang sama yang diubah untuk mendapatkan klik.

Konten dengan kesederhanaan dan kejelasan akan menguntungkan konsumen dan bisnis di masa depan. Alih-alih frekuensi, Anda harus fokus pada kualitas konten Anda dan memastikannya relevan, berharga, dan menarik.

Beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan untuk membuat konten berkualitas tinggi adalah:

  • Judul, heading, dan subheading harus menarik. Mereka harus memberikan sedikit informasi tentang konten, dan lebih baik jika mengandung frase instruksional seperti “mengapa Anda harus”, “Anda perlu tahu”, dll.
  • Buat intro menarik yang juga berfungsi sebagai pengait.
  • Persempit fokus dan tulis, ingat E-A-T dan audiens target Anda.
  • Pastikan konten yang di buat mewakili branding atau merek Anda dan memberikan pengetahuan penting kepada pembaca.
  • Jika perlu, tambahkan kiat/saran yang dapat ditindaklanjuti ke konten Anda.

Buat Acara Online

Baik peluncuran produk, webinar, atau seminar, acara online (atau acara virtual) selalu membantu bisnis menjangkau pelanggan baru dan calon pelanggan baru. Acara online termasuk acara networking, acara pembangunan tim, acara perekrutan, acara belanja, acara penggalangan dana, dan acara sosial.

Anda tidak akan melihat peningkatan pendapatan langsung dari acara online, tetapi tidak diragukan lagi akan meningkatkan pertumbuhan jangka panjang bisnis Anda.

Berikut adalah hal yang dapat membantu acara online Anda sukses:

  • Tetapkan tujuan efesien seperti Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, dan Berbasis Waktu. Untuk acara Anda dan pastikan semua pemangku kepentingan yang terlibat memahaminya.
  • Platform yang di gunakan untuk menyelenggarakan acara online harus sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.
  • Promosikan acara Anda sedemikian rupa sehingga tampak berharga bagi audiens target Anda. Juga, berikan mereka instruksi yang jelas tentang kapan dan bagaimana berpartisipasi.
  • Beri tahu peserta Anda cara mengakses rekaman acara (setelah acara).
  • Setelah acara selesai, kembalilah ke tim Anda untuk membahas sisi positif dan negatif dari acara tersebut. Melakukannya akan membantu Anda mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk acara online berikutnya.

Fokus Pada Personalisasi

Artikel, video, dan podcast online hanyalah beberapa saluran yang digunakan bisnis untuk menyampaikan konten pemasaran. Saluran ini juga digunakan untuk berkomunikasi dan terlibat dengan pelanggan. Tidak diragukan lagi, mereka akan meningkat di tahun-tahun mendatang.

Untuk membantu bisnis Anda tumbuh pada tahun 2022 dan seterusnya, Anda harus menginvestasikan waktu untuk mempelajari saluran mana yang digunakan audiens target Anda untuk tetap terhubung. Kemudian, Anda dapat memanfaatkan saluran tersebut dan menerapkan strategi sehingga pesan pemasaran Anda terlihat menarik dan dipersonalisasi untuk audiens target Anda di saluran tersebut.

Ingatlah poin-poin ini sambil berfokus pada personalisasi:

  • Manfaatkan pembelajaran mesin dan siapkan konten yang dipersonalisasi sesuai dengan riwayat pembelian audiens target Anda, demografi, perilaku pembelian dan penjelajahan, serta preferensi.
  • Tawarkan pengalaman yang mulus kepada pelanggan Anda, apa pun saluran yang Anda gunakan untuk terlibat dan berkomunikasi dengan mereka.
  • Kembangkan persona konsumen sesuai dengan perilaku pembelian audiens Anda. Kemudian, gunakan untuk memprediksi dan menyiapkan konten yang menarik.
  • Jangan gunakan personalisasi hanya untuk menarik pelanggan, tetapi gunakan juga untuk menunjukkan rasa terima kasih. Melakukan hal itu membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan hubungan pelanggan.

Prioritaskan Layanan Pelanggan

Jika Anda tidak memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, Anda akan kehilangan pelanggan terlepas dari seberapa bagus produk atau layanan Anda. Jadi pada tahun 2022, bisnis harus melampaui harapan untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

Pelanggan sering merasa dihargai jika masalah mereka segera ditangani, dan pertanyaan diselesaikan dengan kepuasan. Namun, Anda harus ingat bahwa pelanggan Anda juga merupakan duta merek bisnis Anda. Jika mereka senang dengan merek Anda, mereka akan merekomendasikannya kepada orang lain.

Anda dapat mempertimbangkan ini untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik:

  • Pastikan Anda tahu segalanya tentang produk atau layanan Anda dan Anda siap menjawab pertanyaan tentangnya untuk kepuasan pelanggan Anda.
  • Kapan pun pelanggan Anda berkomunikasi dengan Anda untuk meminta bantuan, sambut mereka terlebih dahulu, pertahankan sikap sopan, pahami kekhawatiran mereka, dan terakhir ucapkan terima kasih.
  • Selain perwakilan layanan pelanggan, pastikan seluruh staf Anda memahami cara menangani pelanggan. Jika diperlukan, berikan mereka pelatihan yang diperlukan.
  • Setelah membantu mereka, mintalah umpan balik dari pelanggan Anda. Anda harus mengevaluasi umpan balik mereka dan menggunakannya untuk meningkatkan berbagai aspek bisnis Anda.

Rangkuman

Nah, seperti itu tips menumbuhkan bisnis di tahun 2022. Pada tahun 2022, satu hal yang pasti pelanggan akan tetap menjadi yang utama. Ini berarti fokus pada pelanggan akan membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, strategi apa pun yang Anda buat atau tip yang Anda ikuti, pastikan itu untuk kepentingan terbaik pelanggan Anda.

Catatan: Jika Anda menghadapi kesulitan mengembangkan rencana untuk sukses di tahun 2022 dan seterusnya, jangan ragu untuk mencari bantuan ahli.

Baik keterlibatan karyawan, aktivitas pemasaran, manajemen basis data, atau layanan pelanggan yang sangat baik, semua yang ada di ekosistem digital tampaknya menantang bagi bisnis. Tetapi jika Anda siap, tidak ada yang dapat menghentikan bisnis Anda dari skala ketinggian baru.

Apakah Anda menjalankan bisnis kecil atau memiliki tanggung jawab perusahaan besar? Apakah Anda tahu bagaimana menumbuhkannya di lingkungan digital yang penuh tantangan?

Tidak apa-apa jika Anda tidak tahu. Artikel ini berisi beberapa tips terbaik untuk membuat bisnis sukses di lingkungan digital. Jadi, lanjutkan membacanya dan temukan cara terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda di tahun 2022. Ya, 2022 karena paruh tahun 2021 telah berlalu, dan pesaing Anda sudah mulai menyusun strategi untuk tahun 2022.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *