Cara Memaksimalkan Produktivitas Tim

Cara Memaksimalkan Produktivitas Tim

Cara Memaksimalkan Produktivitas Tim – Mencapai sebanyak mungkin dengan usaha minimal adalah impian bisnis apa pun atau manusia dalam hal ini. Tapi mencapai tujuan tersebut tidak semudah yang kita pikirkan.

Saat tim tumbuh, begitu juga tantangan untuk membuat mereka tetap produktif. Komunikasi, moral karyawan, dan alur kerja yang efisien semuanya diperlukan untuk memastikan kinerja tim, tetapi ketergantungan yang berlebihan pada semua ini dapat mengurangi hasil.

Jadi bagaimana Anda mendapatkan keseimbangan yang benar? Dan hal-hal penting apa yang harus Anda fokuskan untuk mendapatkan hasil maksimal dari tim Anda?

Fokus pada Hasil daripada Keluaran

Produktivitas, dalam definisi kamus, adalah “diukur dalam hal tingkat output per unit input.” Namun dalam bisnis, bukan output yang membayar tagihan. Jika kita ingin mendapatkan hasil maksimal dari masukan tim kita, kita perlu fokus pada hasil yang dicapai.

Katakanlah seorang tenaga penjualan melakukan 30 demo perangkat lunak perusahaan per minggu. Mereka menutup 15 dari mereka. Hebat itu 15 penjualan. Sekarang katakanlah mereka mengadakan 25 demo minggu depan dan menutup 16 di antaranya. Bahkan lebih baik  16 penjualan! Apakah kita benar-benar peduli berapa banyak demo yang telah mereka lakukan ketika mereka mencapai lebih dari minggu lalu?

Dengan berfokus pada hasil, kami dapat fokus pada tingkat konversi, efisiensi, dan hasil. Output saja tidak akan menumbuhkan bisnis Anda, tetapi hasilnya akan. – Cara Memaksimalkan Produktivitas Tim

Baca juga : Apa itu Lead yang Berkualitas?

Tetapkan Pekerjaan yang Tepat kepada Orang yang Tepat

Jika kita tahu hasil apa yang ingin kita prioritaskan, maka kita harus dapat melihat bagaimana kita sampai di sana dan siapa yang harus bertanggung jawab untuk setiap aspek.

Proses ini dimulai dari titik perekrutan. Mempekerjakan orang yang salah dapat menjadi bencana besar bagi bisnis Anda, dan Anda dapat melihat penurunan produktivitas hingga 39%. Tetapi yang sama pentingnya adalah membantu karyawan Anda memahami peran mereka.

Peran yang jelas menghentikan tim dari membuang-buang waktu, dan membantu mereka dengan pekerjaan yang ada. Rata-rata, karyawan menunjukkan peningkatan kinerja sebesar 25% ketika peran dan tanggung jawab mereka didefinisikan dengan jelas.

Setelah peran yang ditentukan dengan jelas diberikan kepada orang yang tepat, pemberi kerja harus merasa percaya diri dalam membiarkan anggota tim melanjutkan pekerjaan dan menyingkir. Ini juga terbukti bermanfaat, karena otonomi menghasilkan peningkatan produktivitas.

Mendorong Umpan Balik

Setelah karyawan diberdayakan untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka, terserah kepada manajemen dan/atau pemberi kerja untuk memastikan lingkungan yang mereka sediakan memungkinkan mereka melakukannya. Untuk ini, kita tidak bisa hanya mengandalkan insting kita.

Bahkan di tempat kerja yang paling terbuka dan jujur, anggota tim tidak akan selalu angkat bicara saat keadaan bisa lebih baik. Umpan balik yang mendorong sangat penting untuk tempat kerja mana pun jika Anda ingin menciptakan lingkungan kerja yang harmonis yang menawarkan peluang paling besar untuk melakukan hal-hal hebat.

Hal yang sama berlaku untuk memberikan umpan balik. Ketika segala sesuatunya tidak sesuai standar, penting bagi Anda untuk mengingatkan anggota tim tentang kinerja mereka dengan cara yang konstruktif dan memberi semangat.

Jadi, pastikan Anda secara teratur memeriksa dengan tim Anda, dan diskusikan bagaimana mereka dapat meningkat serta apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka meningkat.

Diskusi yang jujur ​​dan terbuka tentang kualitas dan budaya hanya akan meningkatkan tim — jika dilakukan dengan cara yang benar.

Ketika umpan balik diberikan di bawah lensa pencapaian hasil, kami mengalihkan fokus ‘melakukan lebih banyak’ menjadi ‘bagaimana saya dapat membantu Anda mencapai lebih banyak?’

Berkomunikasi & Berkolaborasi Secara Efisien

Jadi Anda telah mendengarkan dan memberikan umpan balik, membuka saluran komunikasi untuk menciptakan budaya yang harmonis. Sekarang saatnya untuk memanfaatkan komunikasi itu dan menggunakannya secara efisien.

Saat menyelesaikan proyek yang melibatkan berbagai bagian tenaga kerja, saluran komunikasi harus disediakan untuk memperbarui tim tentang aktivitas dan tanggung jawab anggota. Namun di era informasi, terkadang terlalu banyak komunikasi dapat menyebabkan inefisiensi yang sangat besar.

26% karyawan mengatakan bahwa kelebihan aplikasi membuat mereka kurang efisien, mengakses sekitar 10 aplikasi setiap hari.

Untuk berkomunikasi secara efisien dan efektif, pastikan Anda tidak mempersulit saluran komunikasi yang Anda gunakan. Dengan banyak opsi all-in-one, Anda dapat memastikan kelebihan aplikasi tidak menjadi disfungsi dalam tim Anda.

Membersihkan saluran komunikasi berarti Anda dapat membuka peluang untuk kolaborasi. Ini sangat penting untuk proyek kompleks yang membutuhkan banyak anggota tim.

Kolaborasi memungkinkan rekan satu tim untuk berbagi ide dan beban kerja, dan membantu kejelasan peran dan tanggung jawab, yang kami tahu meningkatkan produktivitas.

Anda dapat menggabungkan keduanya, dengan menggunakan perangkat lunak seperti WORKR yang menggabungkan komunikasi, kolaborasi, dan lainnya di satu lokasi terpusat.

Berhenti Membuang Waktu untuk Rapat

Saat bekerja dengan orang lain, sangat mudah untuk membuat banyak hal menjadi lebih rumit dari yang seharusnya. Ini sangat relevan ketika datang ke rapat, dengan 47% karyawan menganggap rapat sebagai pembuang waktu #1 di kantor.

Untuk memastikan rapat berjalan lancar, Anda harus menetapkan agenda yang jelas dan memberi tahu semua orang sebelum rapat. Orang yang bertanggung jawab atas agenda tersebut kemudian bertanggung jawab atas arah pertemuan dan menjaganya agar tetap pada jalurnya.

Orang lain harus bertanggung jawab untuk mencatat hasil pertemuan, dan membagikannya dengan semua orang setelah sesi.

Jadi Anda meminimalkan pengalihan dari topik yang ada, dan menegaskan kembali peran dan tanggung jawab orang-orang yang berkaitan dengan agenda, memastikan komunikasi yang efisien dan memaksimalkan produktivitas.

Pimpin Tim Anda

Seorang pemimpin membantu tim mereka mencapai hasil, daripada memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan. Mereka memungkinkan orang untuk memiliki peran mereka, bekerja secara mandiri dan memecahkan masalah.

Memimpin tim Anda melampaui pengelolaan mikro sehari-hari dan berfokus pada penyediaan sarana bagi karyawan untuk mengatasi tantangan. Ini bisa melalui pengembangan profesional, atau membiarkan anggota tim menemukan solusi tanpa menghalangi.

Ini tidak berarti meninggalkan mereka sendirian. Anda harus selalu ada untuk mendukung tim Anda. Ini berarti Anda harus mempercayai tim Anda sampai mereka memberi Anda alasan untuk berpikir sebaliknya, daripada berpikir bahwa anggota tim harus mendapatkan kepercayaan pemimpin.

Rangkuman

Dengan melakukan pengembangan profesional, Anda tidak harus hanya berfokus pada pembinaan orang untuk menjadi lebih baik dalam keterampilan inti yang terlibat dalam pekerjaan mereka. Anda dapat melatih tim tentang cara berhenti membuang waktu untuk rapat, berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif, memberikan umpan balik yang konstruktif, bekerja secara efisien, dan fokus pada hasil.

Mengambil pendekatan holistik untuk produktivitas membantu Anda mengidentifikasi inefisiensi dalam organisasi Anda dan memperbaikinya. – Cara Memaksimalkan Produktivitas Tim

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *