Wajib Diketahui Tentang Jenis Website!

Jenis Website Yang Wajib Diketahui

Website adalah halaman yang menyediakan informasi melalui jalur internet sehingga seluruh dunia bisa mengaksesnya. Biasanya website berfungsi untuk sarana informasi, pembuatan blog, dan akses berbisnis jual beli barang atau jasa. – Jenis Website

Sebelum membuat website, sebaiknya mengetahui jenisnya terlebih dahulu. Agar memudahkan dalam proses pembuatan website. Penentuan jenis website ini akan memberikan panduan untuk si pembuat dalam membangun sebuah website. Dari desain halaman web (tampilan halaman depan), menyusun struktur halaman web, dan menentukan konten website. Sehingga pembuatan website yang dibuat mempunyai tujuan yang jelas.

Jenis-Jenis Website

Secara umum website dikelompokkan menjadi 2 yaitu, website dinamis (konten yang berubah-ubah sesuai preferensi pengunjungnya) dan website statis (menampilkan konten yang Sama). Berikut jenis-jenis website dan kegunaannya yang ada saat ini:

1. Website Pribadi

Website pribadi adalah jenis website yang bersifat pribadi atau individu.  Merupakan website statis dengan ukuran yang kecil dan bahasa pemrograman yang sederhana.   Konten website pribadi mencakup keahlian atau portofolio untuk membangun pribadi branding pemiliknya.

Wajib Diketahui Tentang Jenis Website!
Wajib Diketahui Tentang Jenis Website!

Tipe website ini juga banyak uang menggunakan untuk berbagi cerita atau untuk tujuan profesional seperti website Penyanyi terkenal, Public figure, Para profesional yang ahli pada bidang tertentu. Akan tetapi, kalau bertujuan untuk profesional, sebaiknya menggunakan nama domain khusus agar website perusahaan dapat dipercayai audiens.

2. Website E-Commerce

Website e-commerce adalah platform untuk jual beli suatu produk secara online. Banyaknya konsumen yang berminat dalam berbelanja online terus meningkat, setiap e-commerce saling menawarkan promo dan layanan terbaik untuk menarik hati masyarakat agar melakukan transaksi di tempatnya.

Wajib Diketahui Tentang Jenis Website!
Wajib Diketahui Tentang Jenis Website!

Selain menguntungkan bagi pelanggan, website e-commerce sangat memberikan dampak positif bagi perusahaan. Tujuannya dibuatnya website e-commerce untuk memudahkan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Karena, dapat dijangkau oleh siapa pun, kapan pun dan dari mana pun.

3. Website Bisnis

website bisnis ini biasanya dimiliki oleh perusahaan atau instansi. Fungsinya sebagai salah satu strategi pemasaran digital. Website seperti ini juga sering digunakan sebagai company profile. Yang menunjukkan profile dan pencapaian sebuah perusahaan atau instasi.

Wajib Diketahui Tentang Jenis Website!
Wajib Diketahui Tentang Jenis Website!

Bisnis jenis apasaja sangat disarankan untuk memiliki website bisnis ini. Karena, semua konsumen pasti akan mencari informasi yang diinginkan secara online. Dengan menerapkan strategi SEO, website perusahaan dapat ditemukan melalui Google, yang akan meningkatkan peluang mendapatkan perolehan pelanggan baru.

4. Website Media Sosial

Website media sosial ini dapat diakses melalui aplikasi/web browser menggunakan URL-nya. Contohnya adalah WhatApp, Facebook, Linkedin, Line, Twitter, Instagram, dan lainnya. Karena kegunaannya adalah berbagi media, berkomunikasi dan berinteraksi dengan keluarga maupun teman. website media sosial bersifat dinamis.

Wajib Diketahui Tentang Jenis Website!
Wajib Diketahui Tentang Jenis Website!

Website ini juga bisa untuk perusahaan dan memanfaatkan media sosial untuk bisnis agar pendapatan penjualan semakin meningkat.

5. Blog

Merupakan sebuah website yang difungsikan sebagai jurnal online untuk menulis artikel (formal dan informal), memposting konten, atau komentar suatu produk. Blog juga memiliki kolom komentar agar audiens bisa berdiskusi. Orang yang mengelola/membuat blog disebut blogger.

Baca juga : Wajib Diketahui Tentang Website!

23 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *