Mengenal Tugas Seorang Editor

Mengenal Tugas Seorang Editor

Salah satu kunci sukses sebuah film atau video adalah melakukan editing. Pengeditan video adalah proses memilih, mengubah, menambah footage yang telah diambil menjadi sebuah rangkaian video yang telah mengikuti konsep yang disepakati. Anda dapat menghapus gambar yang tidak penting yang tidak pantas, memposisikan video dengan benar dengan durasi yang ditentukan. – Mengenal Tugas Seorang Editor

Mengenal Tugas Seorang Editor
Mengenal Tugas Seorang Editor

Editor yaitu orang yang paling bertanggung jawab pada hasil sebuah video. Berikut ini kita sama-sama akan membahas apa saja tugas seorang editor. Mereka harus mengerti apa yang ada dalam pikiran ide kreatif sutradara.

Apa Saja Tugas Seorang Editor

Menyunting Video

Menyunting atau mengumpulkan video yang sudah diambil atau direkam merupakan hal pertama yang semestinya dilaksanakan seseorang video editor. Video yang masih mentah dan harus dipilih dengan hasil yang bagus untuk dilakukan ketahap berikutnya. Semua video yang terkait dengan skrip atau skenario harus dikumpulkan dalam penyimpanan anda untuk memudahkan mencarinya di kemudian hari.

Menyusun ulang

Setelah mengumpulkan semua video yang direkam selama proses pengambilan gambar, editor harus memposisikan ulang video dengan benar dalam urutan yang ditentukan dalam skrip atau skenario. Untuk mempermudah penyusunan video, biasanya editor akan mencari bagian dari script continuity dari awal adegan.

Clapper Board memiliki catatan tentang nomor urut adegan, scene, dan data Voice Over lain mengenai pengambilan gambar. Dalam beberapa video, biasanya editor harus memotong sedikit bagian untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Memfilter video

Pemfilteran video berarti hanya memilih beberapa frame penting dan menerapkan efek maupun motion grafis lainnya untuk hasil video yang menarik. Selain itu, filter ini berfungsi, dan editor juga perlu mengontrol transisi atau pergerakan dari satu adegan ke adegan lain. Filter video juga dikaitkan dengan pencahayaan gambar yang  dikumpulkan. Saat bekerja dengan cara  ini, adegan biasanya harus melalui beberapa pengambilan atau pemotretan, sehingga editor harus menggunakan skrip untuk memilih kualitas video terbaik dan paling sesuai. – Mengenal Tugas Seorang Editor

Baca Juga : 5 Tips Singkat Untuk Video Profil Perusahaan

Memilih Voice Over dan Backsong

Sesudah memfilter video, tugas berikutnya dari seorang editor video yaitu memilih dan mengolah Voice Over dan Backsong untuk videonya. Suara yang original dan backsong yang tidak mempunyai copyright biasanya menjadi andalan seorang editor dalam memilik sebuah Voice Over dan Backsong. Dipadukan dengan konsep, Backsong dan Voice Over harus senada dengan video yang dibuat.

Membuat Subtitle

Jika semua gambar dan video telah diinput menjadi satu, dan sudah sesuai dengan konsep atau ide yang dibuat maka editor akan membuatkan subtitle atau teks dialog didalam sebuah video tersebut agar memudahkan penonton membacanya.

Finishing

Setelah semua sudah dilakukan dan sesuai dengan kosep yang dibuat. Terakhir kali yang dilakukan yaitu revisi video jika video tersebut memiliki kesalahan minor pada saat editing dilakukan.

Contoh video yang harus diedit menggunakan editor professional yaitu, Video Company Profile, Video Iklan TV, Video Promosi, dan lain sebagainya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *