panduan utama untuk meningkatkan performa web

Panduan Utama Untuk Meningkatkan Performa Web

Panduan Utama untuk Meningkatkan Performa Web-SEO adalah salah satu strategi pengoptimalan situs web yang paling banyak digunakan (dan paling penting). Namun, konten, tautan balik, dan deskripsi meta yang bagus tidak akan banyak membantu jika Anda tidak mengoptimalkan kinerja situs web Anda.

Jika pengunjung tiba di situs Anda dan merasa waktu pemuatannya terlalu lama, atau gambar tidak ditampilkan dengan benar, mereka cenderung memilih pesaing. Itulah mengapa meningkatkan kinerja situs web Anda sangat penting.

Seperti apa tampilan mengoptimalkan situs Anda dan bagaimana Anda melakukannya? Berikut panduan langkah demi langkah untuk membantu anda memulai mengoptimisasi website anda. Dalam hal ini, kami mendapat informasi dari seorang ahli SEO yang bernama Neil Patel.

Apa itu Website Performance (Performa Web)?

Dalam digital marketing, kinerja situs web umumnya mengacu pada seberapa cepat halaman web memuat dan menampilkan konten. Ini semua adalah bagian dari pengalaman pengunjung dan merupakan kunci kesuksesan online.

Kinerja situs web dapat diukur dengan jumlah kesalahan server, dan ukuran halaman web yang diunduh. Mungkin juga disebut waktu buka halaman. Performa situs web dan kecepatan halaman sangat penting untuk bisnis online apa pun. Situs web yang lambat dapat menyebabkan:

  • pengabaian keranjang belanja
  • konversi yang hilang
  • pelanggan yang tidak puas
  • merusak reputasi merek Anda
  • peringkat yang lebih rendah di SERPs

Tidak ada yang menginginkan semua itu untuk bisnis mereka.

Berapa lama rata-rata pelanggan menunggu halaman dimuat? Tidak lama. Sebagian besar sumber mengatakan situs web akan dimuat dalam dua detik. Jika lebih lama lagi akan berisiko kehilangan tidak hanya lalu lintas tetapi juga pelanggan.

Mengapa Website Performance Penting?

Saya telah membahas pentingnya kinerja situs web di pendahuluan, tetapi mari kita selidiki lebih jauh. Situs yang merespon cepat memiliki banyak keunggulan, seperti:

  • Pengalaman pengguna yang lebih baik: Situs web Anda harus cepat jika Anda tidak ingin pelanggan yang frustrasi pergi.
  • Peringkat lebih tinggi: Google PageSpeed ​​Index menghargai situs web yang lebih cepat dengan memberi peringkat lebih tinggi di hasil pencarian.
  • Loyalitas pelanggan: Semakin mudah pelanggan membeli, semakin besar kemungkinan mereka untuk tetap setia.
  • Tingkat konversi yang ditingkatkan: Kinerja situs web dapat memengaruhi tingkat konversi karena waktu muat yang lebih lambat menghasilkan tingkat pengabaian yang lebih tinggi.
  • Lalu lintas seluler yang lebih baik: Pengunjung seluler Anda menginginkan hasil yang cepat. Jika kinerja situs web seluler buruk, ada kemungkinan besar Anda tidak akan melihatnya lagi.

Apa yang Mempengaruhi Performa Web dan Cara Meningkatkannya ?

Panduan Utama untuk Meningkatkan Performa Web-Beberapa faktor dapat mempengaruhi kinerja situs web. Misalnya, ukuran gambar dan berat halaman dapat memengaruhi kecepatan. Lalu ada beberapa masalah yang kurang jelas, seperti wilayah geografis.

Beberapa dari masalah ini mungkin terdengar seperti masalah besar, tetapi sebenarnya tidak. Sebagian besar memiliki perbaikan yang mudah dan saya akan memandu Anda melalui langkah-langkahnya.

Ukuran Gambar Mempengaruhi Kinerja Situs Web

Gambar adalah salah satu faktor terpenting untuk kinerja situs web. Alasannya cukup sederhana: semakin besar gambar Anda, semakin berat halaman Anda, dan semakin lama waktu yang dibutuhkan situs Anda untuk memuat.

Saat Anda mengoptimalkan gambar situs web Anda, area signifikan dari kinerja situs Anda seperti waktu pemuatan dan pengalaman pengguna juga dapat meningkat. Adapun ukuran gambar yang optimal, ini bervariasi, dari gambar ke gambar.

Agar gambar menjadi optimal dalam membantu meningkatkan kinerja situs web Anda, perhatikan hal berikut.

  • Pangkas gambar agar tidak melebihi batas layar.
  • Gunakan gambar dengan hemat. Semakin sedikit gambar di halaman, semakin cepat dimuat.
  • Unduh penggaris halaman untuk mendapatkan dimensi yang tepat.
  • Gunakan alat dan plugin kompresi gambar.
  • Pemformatan
  • Resolusi
  • Dimensi
  • Kualitas

Kedengarannya seperti banyak yang perlu dipertimbangkan, tetapi itu hanya berarti meminimalkan gambar sambil memastikan ukuran gambar tidak mempengaruhi UI secara negatif.

Website Performance Dipengaruhi oleh Berat/Ukuran Halaman Web

Panduan Utama untuk Meningkatkan Performa Web-Bobot halaman sangat penting untuk kinerja situs web, karena dapat memengaruhi seberapa cepat halaman web dimuat di layar pengguna. Semakin banyak konten yang disertakan pada suatu halaman, semakin besar ukurannya dalam hal byte. Statistik menunjukkan berat halaman yang meningkat dapat mempersulit situs web yang memuat cepat.

Jika Anda bertanya-tanya berapa ukuran halaman yang ideal, pakar kinerja situs web, Tammy Everts, menyarankan 1MB.  Sekarang saatnya untuk mulai bekerja mengurangi berat halaman Anda. Banyak tips dalam artikel ini, seperti mengoptimalkan gambar dan membatasi permintaan HTTP, akan menurunkan bobot halaman Anda. Untuk lebih meningkatkan kinerja situs web, Anda dapat:

  • Periksa plugin yang tidak perlu di situs anda
  • Menganalisis aset mana yang membebani halaman anda
  • Gunakan hosting video di luar situs
  • Menggabungkan css dan javascript
  • Kurangi jumlah permintaan dari browser anda dengan menggabungkan beberapa aset menjadi satu file

Kurangi Redirect dan Request HTTP untuk Meningkatkan Website Performance

Permintaan HTTP adalah blok pembangun dasar web. Mereka mengizinkan browser web untuk meminta informasi dari server dan menampilkannya di halaman web. Mereka bekerja seperti ini:

Saat Anda mengunjungi situs web, browser Anda mengirimkan permintaan HTTP ke server situs, meminta data. Server mengirimkan kembali informasi yang dibutuhkan browser Anda untuk menampilkan halaman, termasuk HTML, CSS, JavaScript, dan gambar.

Agar halaman Anda dimuat dengan cepat, permintaan HTTP harus sesedikit mungkin dari server ke browser. Ada beberapa cara untuk mengurangi permintaan HTTP di situs Anda, antara lain:

  • Mengurangi ukuran gambar dengan mengoptimalkan gambar dengan alat seperti tinypng
  • Mengoptimalkan file javascript dan CSS
  • Menggabungkan beberapa file JS
  • Menggunakan Jaringan Distribusi Konten (CDN)
  • Pengalihan adalah masalah lain yang dapat memperlambat kinerja situs web.

Pengalihan ini membawa pengguna dari satu halaman ke halaman lain. Jika situs web memiliki terlalu banyak pengalihan atau beberapa di antaranya mengarah ke halaman yang tidak ada, peringkat situs web dapat lebih rendah dan mungkin juga lebih lambat. Ada beberapa cara untuk mengurangi pengalihan di situs web:

  • Terapkan pengalihan permanen 301. Pengalihan permanen 301 adalah saat Anda memberi tahu Google bahwa Anda ingin halaman baru ini menggantikan yang lama dan mengarahkan lalu lintas ke sana.
  • Tambahkan tag kanonik untuk mengelola konten duplikat.
  • Hapus pengalihan lama.
  • Gunakan alat seperti Gifts of Speed ​​untuk memeriksa tautan yang rusak.

Mengatasi Batasan Lokasi Geografis

Anda mungkin tidak menganggap lokasi geografis sebagai masalah. Namun, semakin dekat kedua pihak, semakin cepat waktu pemuatan. Apa yang Mempengaruhi Kinerja Situs Web dan Cara Meningkatkannya – Mengatasi Keterbatasan Lokasi Geografis

Meskipun Anda tidak dapat berbuat banyak tentang jarak antara pengunjung ke situs web Anda, Anda mungkin dapat mempercepatnya dengan memperkenalkan CDN. CDN adalah grup server yang didistribusikan secara geografis yang ditempatkan di beberapa pusat data, menyediakan konten untuk satu atau lebih situs web atau aplikasi web.

CDN populer meliputi: Rackspace, Amazon CloudFront, dan Microsoft Azure. Dengan menyimpan file Anda lebih dekat ke audiens Anda, Anda dapat mengurangi waktu buka.

Lihat Paket Hosting Anda

Paket hosting situs web yang Anda pilih bertahun-tahun yang lalu mungkin sangat cocok, tetapi karena situs Anda mendapatkan perhatian dan peningkatan lalu lintas, itu mungkin tidak lagi melayani Anda dengan baik.

Hasil? Banyak downtime, penurunan performa website, dan frustasi bagi Anda dan pengunjung Anda. Apa yang kamu kerjakan? Tingkatkan ke paket yang sesuai dengan audiens Anda yang terus bertambah. Jika Anda menggunakan paket hosting bersama, lihat beberapa alternatif seperti:

  • Server situs web khusus yang menyediakan koneksi yang cepat dan andal ke web dan dapat diskalakan untuk memenuhi kebutuhan lalu lintas dan bandwidth yang tinggi. Mereka lebih mahal daripada hosting bersama, tetapi mereka menawarkan kinerja yang lebih baik untuk situs Anda. Ini karena Anda mendapatkan seluruh server sumber daya yang didedikasikan untuk satu situs web.
  • VPS Hosting: Singkatnya, solusi hosting VPS adalah cara yang terjangkau dan skalabel untuk meng-host situs web. Ini adalah cara praktis untuk bisnis kecil atau pemula dengan fleksibilitas penskalaan bersama mereka saat Anda tumbuh.
  • Situs web tanpa server: Atau situs web statis. Ini mengurangi waktu muat dan meningkatkan keamanan. Ada beberapa kekurangannya, jadi pastikan untuk meneliti opsi ini sebelum menyelam.

Gunakan Cache Browser

Cache browser adalah area penyimpanan sementara yang memungkinkan browser untuk menggunakan kembali file konten, seperti gambar dan skrip, untuk mengurangi lalu lintas jaringan. Menggunakan cache browser memiliki dampak besar pada kinerja situs web karena dapat menghemat waktu dan bandwidth, meningkatkan pengalaman pengguna, dan meningkatkan waktu pemuatan.

Anda dapat menggunakan beberapa plugin untuk membuat cache menggunakan WordPress. Untuk pengguna non-WordPress, inilah tutorial Google.

Render Pemblokir CSS dan JavaScript Anda.

Pemblokiran render menyebabkan penurunan waktu pemuatan halaman yang signifikan. Kenapa demikian? Karena browser harus menunggu halaman selesai dirender sebelum mengunduh dan menjalankan skrip apa pun yang disertakan di halaman, seperti file JavaScript dan CSS.

Secara alami, semakin banyak elemen pemblokiran render yang dimiliki halaman web, semakin lama waktu yang dibutuhkan browser web untuk memuat. Jangan panik. Ini tidak serumit kedengarannya. Anda dapat menemukan beberapa perbaikan mudah untuk pemblokiran render WordPress dan Google juga memiliki beberapa saran.

Langkah Lain untuk Meningkatkan Kinerja Situs Web

Kita sudah membahas masalah utama yang memengaruhi kinerja situs web di paragraf atas, tetapi ada hal lain yang perlu di perhatikan, seperti:

  • Membersihkan kode yang tidak bersih
  • Mengurangi konten flash yang berlebihan
  • Mengecilkan html anda
  • Memilih tema yang ramah seluler dan memuat cepat
  • Menggunakan accelerated mobile pages (amp) untuk mengurangi rasio pentalan dan meningkatkan peringkat halaman
  • Memperbaiki tautan yang rusak
  • Mengompresi file anda dengan gzip

Gimana temen-temen, cukup bermanfaat sekali kan? itulah panduan untuk meningkatkan performa web yang kami ulas. Jika ada yang ingin bertanya dan ingin kami buatkan artikel yang lain, langsung saja ke kolom komentar yang kami sediakan. Kami juga menawarkan jasa pembuatan website dan SEO. Serta jasa multimedia yang dapat mempermudah bisnis dan kegiatan anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *