Urutan Proses Pembuatan Website yang Efektif

Urutan Proses Pembuatan Website yang Efektif

Website adalah salah satu platform internet yang berguna bagi banyak bidang kehidupan. Baik untuk kebutuhan pribadi atau golongan tertentu. Kebutuhan pembuatan website yang tinggi menjadi peluang besar bagi seorang programmer web. – Urutan Proses Pembuatan Website

Urutan Proses Pembuatan Website yang Efektif
Urutan Proses Pembuatan Website yang Efektif

Tahapan Preparation

Dalam pembuatan sebuah website, hal pertama adalah menyiapkan apa saja yang kamu perlukan. Terutama beberapa hal penting seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika kamu masih awam, ada baiknya memulai dengan hal berikut:

  • Menentukan tujuan pembuatan website, baik untuk membuat sistem informasi, toko online, web blog, atau kebutuhan lainnya.
  • Siapkan berbagai aplikasi atau tools yang akan kamu gunakan. Mulai dari bahasa pemrograman, library pendukung, text editor, website, dan beberapa tools pelengkap lainnya.

Tahapan Planning

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan setelah semua tools sudah ready adalah melakukan tahapan planning. Hal tersebut akan melibatkan berbagai kegiatan. Seperti pembuatan analisa masalah, flowchart, DFD, skema database, proses bisnis dan skema desain website.

Baca Juga : 3 Perbedaan Dofollow dan Nofollow Backlinks

Tahapan Design Execution

Melalui riset dan perencanaan yang sebelumnya sudah kamu buat, kini kamu bisa berlanjut ke tahapan pembuatan desain. Dalam hal ini, pengalaman desain dan pemahaman konsep UI (User Interface) serta UX (User eXperience) sangat kamu perlukan.

Tahapan Coding atau Scripting

Setelah desain berhasil kamu buat, proses pembuatan web berikutnya adalah mengeksekusi pengembangan source code berdasarkan tools dan bahasa pemrograman yang sudah kamu siapkan. Dalam pembuatan website, sebenarnya tahapan inilah yang biasanya memakan proses paling panjang.

Testing 

Walaupun dalam proses pembuatan website coding kamu sudah melakukan pengujian berkala. Namun, sebelum peluncuran produk, prototype harus melalui tahapan testing. Tahapan ini mencakup bug hunting, error hunting, dan pengujian menyeluruh menggunakan berbagai contoh kasus.

Jika anda membutuhkan Jasa Pembuatan Website, Anda bisa hubungi kami di sini atau klik bieproduction.com

One Response

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *